Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rio Haryanto 7 Kali Balapan F1 Bersama Tim Manor?

Senin, 15 Februari 2016 | 19:58 WIB

Eropa – Siapa yang akan menjadi rekan setim Pascal Wehrlein di tim F1 Manor tahun ini belum juga terjawab. Rumornya sisa satu kursi akan dibagi tiga pembalap, termasuk pembalap dari Indonesia Rio Haryanto.

Tim Manor mungkin akan menerapkan solusi pembagian jatah. Saat ini diyakini ada tiga pembalap yang semuanya didukung sponsor kuat yang mendorong mereka mengamankan satu tempat terakhir di susunan pembalap F1 2016.

Yaitu pembalap Indonesia Rio Haryanto, Alexander Rossi (Amerika) dan Will Stevens (Inggris). Menurut suratkabar Finlandia, Ilta Sanomat, tim Manor mungkin akan mengatakan ‘ya’ untuk ketiganya.

“Ada rumor di kalangan F1 bahwa mobil kedua bisa dipakai dengan tiga pembalap selama musim ini,” katanya. Dengan 21 balapan tahun ini, Rio, Rossi dan Stevens bisa menandatangani kesepakatan masing-masing berlomba tujuh kali.

Kata Ilta Sanomat, Rio Haryanto yang sudah didukung pemerintah Indonesia, akan mendapat giliran di beberapa balapan pertama. Kemudian muncul lagi ketika lomba berlangsung di kawasan Asia pada akhir musim.

Sementara Rossi diturunkan di kawasan Amerika Utara dan Selatan. Stevens sebagian besar berlomba di benua Eropa. Dikatakan, dengan kesepakatan itu setiap pembalap dikenakan biaya sekitar 5 juta euro (lebih kurang Rp 75 miliar).

Rencana tim ini diizinkan oleh regulasi, pasal 16.1: “Selama semusim, setiap tim diizinkan untuk menggunakan empat pembalap. Pembalap baru bisa mencetak point di kejuaraan.”

Tim Manor diperkirakan bakal mengalami kemajuan signifikan, berkat pemakaian mesin Mercedes dan dukungan teknis dari Williams.

“Manor akan membuat langkah besar, bukan hanya karena mesin,” kata bos tim F1 Mercedes, Toto Wolff yang berperan penting bagi Pascal Wehrlein mendapatkan kursi pertama tim Manor.

Ia yakin mobil dan pembalap tim Manor akan berada di papan tengah kompetisi.

Tahun lalu Manor tidak mampu mencetak point. Mereka berjuang dengan mesin Ferrari yang speknya setahun lebih tua dari yang dipakai tim pabrikan Ferrari.

Stevens adalah pembalap Manor tahun lalu, sementara Rossi sempat menggantikan Roberto Merhi di beberapa balapan menjelang musim lalu berakhir.

Semoga kabar ini benar, sehingga Rio Haryanto akan tercatat sebagai pembalap F1 pertama asal Indonesia. (otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa