Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cherry, Primadona Alternatif yang Terlupakan

Bagja - Selasa, 16 Februari 2016 | 15:23 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Cherry, namanya unik ya, seperti nama buah. Siapa yang sangka merek unik ini berasal dari China. Di Indonesia dikelola PT Chery Mobil Indonesia yang secara langsung dimotori pendiriannya oleh Chery Automobile China.

Website resmi Chery Indonesia bahkan masih bisa diakses sampai sekarang. Terpampang produk-produk andalan, yang sayangnya belum ada perubahan maupun usungan model baru. Namun pada website tersebut tertulis;

"Memperhatikan perkembangan pasar otomotif Indonesia yang berkembang pesat, Chery telah menyusun rencana bisnis dengan mendatangkan produk-produk berkualitas dan modern dengan nilai ekonomis sebagai alternatif pilihan bagi konsumen," tulis Chery Indonesia.

Chery sempat eksis di tanah air melalui mobil Chery Thiggo. Sebuah SUV yang saat itu dikatakan 'mirip' Suzuki Escudo. Kemudian yang juga tak asing di Indonesia, yakni Chery QQ, mobil imut yang sempat jadi alternatif citycar di Tanah Air.

Di data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Chery masih mengandalkan produk seperti Chery QQ, Chery Tiggo, dan juga Chery Eastar yang berjenis MPV. 

No caption
No credit
No caption
Chery Tiggo model ini masih banyak beredar di Indonesia

Ambisi global pabrikan CHina ini juga tidak bisa dianggap remeh. Chery akan memasuki perjalanan baru di era globalisasi 2.0 yang dipercepat pada 2016 ini dengan fokus pada peningkatan citra merek di luar negeri.

Sejak masuknya ke pasar internasional pada tahun 2001, Chery telah mendirikan 1.000 jaringan penjualan dan layanan di luar negeri, tumbuh dari sebuah perusahaan yang tidak diketahui menjadi sebuah perusahaan yang telah memenangkan berbagai penghargaan, dan mendapatkan dukungan dan kepercayaan dari hampir 1.200.000 konsumen di luar negeri. 

Pada tahun 2016, dengan sikap inovasi dan pragmatisme, dan berdasarkan upgrade ( "teknologi 2.0", "kualitas 2.0" dan "globalisasi 2.0"), Chery akan memasuki sebuah perjalanan baru dan membangun merek melalui "teknologi, kualitas dan globalisasi "untuk meningkatkan pengalaman konsumen.

Chery baru-baru ini merilis data penjualan untuk tahun 2015, dengan penjualan tahunan sebanyak 550.100 unit, naik 8,3 persen tahun ke tahun. Chery juga diekspor sebanyak 87.000 unit pada tahun 2015, peringkat pertama di antara mobil semua China untuk 13 tahun berturut-turut.

Chery QQ sempat populer sebagai alternatif citycar di Tanah Air

Melihat perkembangannya saat ini, Chery bisa kembali mengangkat pamornya di Tanah Air. Kehadiran model baru sudah pasti wajib, apalagi di pasaran global, sudah banyak produk-produk baru dari Chery yang bisa saja mulai dipasarkan di Indonesia.

Chery Thiggo sudah ada versi barunya dengan desain yang lebih modern dan sebenarnya tak kalah dengan merek lain sejenis--satu lagi yang penting, desainnya sudah tidak meniru merek manapun.

Bahkan, semua jenis mobil yang digemari di Indonesia, mulai dari MPV, SUV, sampai crossover, Chery sudah punya. Sehingga, terlalu sayang kalau merek ini dibiarkan mati begitu saja dari pasar mobil di Tanah Air.

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa