Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikin Spidometer Digital Negatif Display, Nih Caranya!

Otomotifnet - Jumat, 19 Februari 2016 | 11:43 WIB

Jakarta - Lewat Xabre, Yamaha membawa tren baru pada spidometer digitalnya, dengan negatif display. Tampilan layarnya terbalik dari biasanya, jika umumnya angka  yang gelap dengan background terang (gbr.1), dibalik jadi angka terang dengan latar gelap. Kesan yang terlihat jadi lebih garang, sesuai konsep Xabre.

Mau ikutan bikin negatif display? Ternyata sudah dilakukan pencinta modifikasi panel digital. “Saya sudah sering bikin, pada prinsipnya enggak susah kok,” terang Giagie, spesialis spidometer digital di Ciputat, Tangsel. Menurut Gia, sapaannya, pada prinsipnya mengubah tampilan jadi negatif display cukup dengan membalik filter polarizer paling atas layar LCDnya.

Filter ini tugasnya menampilkan angka atau huruf yang terbentuk dari liquid crystal yang telah dialiri listrik, sehingga terbaca oleh mata. Bagaimana caranya? Pertama tentu saja harus melepas spidometernya dari motor. Kemudian bongkar batok spidometernya, sehingga panel LCD-nya bisa “dioperasi” (gbr.2).

Selanjutnya menggunakan cutter lepas perlahan filter polarizernya (gbr.3). “Harus  pelan-pelan ya,” wanti Gia. Setelah filter terlepas, bersihkan sisa lemnya pakai bensin. Kemudian pasang lagi dengan posisi dibalik. Agar bisa menempel  lagi, gunakan saja isolasi bening, “Isolasi cukup pinggirnya (gbr.4), saat ditutup enggak kelihatan kok,” terang asli Weleri, Semarang ini.

Rakit lagi,  jadi deh (gbr.5). Oh ya, cara ini hanya bisa dilakukan pada panel LCD yang kotak, seperti di Suzuki Satria F150 atau Yamaha NMAX, “Kalau seperti New  V-Ixion, Ninja RR Mono dan lainnya yang enggak kotak, saat dibalik dan dipasang kan enggak pas. Solusinya mesti ganti filter baru,” papar pria yang  tinggal di Jl. Amal Bakti No. 6 RT 03 RW 02 Rengas, Ciputat ini.

Jika harus ganti filter, maka mesti menebusnya seperti di Gia, karena yang jual sangat  jarang. Gia sendiri mendatangkan dari Tiongkok. Sebagai gambaran, jika filter pakai baru ongkosnya untuk Satria Rp 150 ribu, sedang NMAX Rp 200 ribu.  Mau coba? • (otomotifnet.com)

Giagie: 0819-0555-4481

 

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa