Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rio Haryanto Bawa Indonesia Negara Ke-40 Ikut F1

Jumat, 19 Februari 2016 | 11:08 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta – Masuknya nama Rio Haryanto ke balap F1 tahun ini, menjadikan dirinya pembalap F1 pertama asal Indonesia dan membawa Indonesia sebagai negara ke-40 di balap mobil paling sohor sejagat ini.

Balap F1 yang dipentas sejak 1950, tahun ini akan menginjak kompetisi yang ke-66 kalinya. Dalam kurun waktu itu, sirkus balap F1 sudah melanglang buana ke lima benua. Sampai berakhirnya balapan 2015, F1 sudah menggelar 935 kali lomba.

Kompetisi F1 diikuti pembalap dari pelosok dunia, mulai negara maju di kawasan Eropa, Amerika, Australia hingga yang datang dari negara berkembang di kawasan Amerika Selatan, Afrika dan Asia.

Tidak mudah untuk jadi pembalap F1. Selain bakat, juga dibutuhkan dana yang besar agar dapat tempat di balik kemudi mobil F1. Apalagi peminatnya sangat banyak, karena F1 adalah cita-cita tertinggi bagi seorang pembalap, khususnya balap mobil single seater.

Selama hampir 66 tahun, kompetisi F1 sudah diikuti pembalap dari 39 negara berbeda. Inggris Raya paling banyak, diwakili 160 pembalap. Kedua Amerika Serikat yang mengutus 158 pembalap. Italia peringkat dengan 98 pembalap.

Nah, dengan bergabungnya Rio Haryanto ke tim Manor Racing yang diumumkan di Jakarta, Kamis (18/2) untuk mengikuti balapan tahun ini, pembalap kelahiran Solo 23 tahun lalu itu membuat Indonesia jadi negara ke-40 yang menempatkan warganya di balap F1.

Untuk skala benua Asia, Indonesia negara kelima setelah Jepang, India, Malaysia dan Thailand sebagai negara yang pernah punya pembalap F1.

Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia negara ketiga, selain Thailand dan Malaysia. Thailand punya pembalap F1 bernama Prince Bira (Prince Birabongse Bhanudej Bhanubandh) yang berlomba pada 1950 sampai 1955, bersama tim Maserati, Gordini dan Connaught. Total meraih 8 point.

Negeri jiran Malaysia diwakili Alexander Charles Yoong Loong atau dikenal dengan nama Alex Yoong. Ikut balap F1 2001-2002 dengan tim Minardi (kini jadi tim Toro Rosso), Alex Yoong tidak meraih point.

Seperti dibilang Rio saat pengumuman dirinya bergabung ke tim Manor, ia mewakili Asia di F1. Terakhir pembalap Asia yang berlaga di F1 adalah Kamui Kobayashi pada 2014 bersama tim Caterham.

Indonesia bangga padamu, Rio, pembalap F1 pertama asal Indonesia. (otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa