Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Transmisi Otomatis 8 Percepatan, Ada yang dari Jerman dan Jepang

Otomotifnet - Rabu, 24 Februari 2016 | 11:38 WIB
No caption
No credit
No caption

Perpindahan giginya jadi lebih halus dan tanpa entakan. Ini juga berakibat pada tereduksinya getaran dari mesin ke ruang kabin

Jakarta - Di kelasnya, All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar jadi yang pertama  menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan. Oleh Koichi Namiki, Corporate General Manager of Mitsubishi Motor Corporation, penggunaan transmisi tersebut membuat performa mesin All New Pajero dapat diandalkan di segala medan.  “Selain itu juga bisa meningkatkan efisensi bahan bakar,” paparnya.

Pereli nasional sekelas Rifat Sungkar, memberikan gambaran kenyamanan berkendara dengan kendaraan bermesin diesel 2.400 cc itu. “Perpindahan giginya jadi lebih halus dan tanpa entakan. Ini juga berakibat tereduksinya getaran dari mesin ke ruang kabin,” ungkapnya. Sementara kita tinggalkan dahulu All New Pajero Sport dengan transmisi barunya. Di dunia bukan hal baru lagi soal kendaraan yang menggunakan transmisi otomatis 8 speed.

Beberapa brand seperti Audi, BMW, Dodge, Chrysler dan lain-lain sudah menggunakan transmisi tersebut. Sudah banyak brand yang menggunakan, tentunya ada pemasok transmisi tersebut pada pabrikan-pabrikan mobil. Kira-kira siapa saja? • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption
Transmisi Otomatis 8 Percepatan Ada Yang Dari Jerman Dan Jepang

ZF Friedrichshafen AG

Perusahaan otomotif yang markasnya di Friedrichshafen, sudah ada sejak 1915. Salah satu unit usahanya adalah memproduksi transmisi bagi kendaraan dari brand Eropa seperti BMW. Kali pertama memperkenalkan transmisi otomatis dengan 8 percepatan pada 2009 silam. Sebelumnya paling tinggi, ZF hanya memiliki produk transmisi otomatis 6 percepatan.

No caption
No credit
No caption
Transmisi Otomatis 8 Percepatan

BMW seri 7 jadi kendaraan pertama yang menggunakan transmisi 8 percepatan produksi ZF. Harapan penggunaan transmisi tersebut bahwa BMW seri 7 dapat mereduksi pemakaian bahan bakar. Penggunaan transmisi 8 percepatan pada BMW seri 7 tersebut, diklaim oleh ZF bisa membuat 11% lebih irit konsumsi bahan bakarnya dibanding yang menggunakan transmisi 6 percepatan. Sudah barang tentu lebih irit lagi dibandingkan dengan yang menggunakan 5 percepatan.

Selain itu juga didapat performa mesin diputaran bawahnya lebih responsif. Hal seperti ini yang membuat kendaraan bertransmisi enggak takut dipakai dalam kondisi jalanan padat apalagi lengang. Lebih kurang 2 tahun silam, lahir generasi ke-2 transmisi 8 speed bikinan ZF. Enggak usah diragukan lagi soal pemakaian bahan bakarnya yang pasti irit atau responsifnya mesin di RPM bawah. ZF mendisain generasi baru tersebut agar lebih lembut saat melakukan perpindahan gigi. Dengan kata lain generasi terbaru transmisi 8 speed punya ZF, mengarah ke soal kenyamanan berkendara.

No caption
No credit
No caption
Transmisi Otomatis 8 Percepatan Ada Yang Dari Jerman Dan Jepang

Aisin Seiki CO.,LTD

Sejarahnya, perusahaan otomotif di Jepang ini berdiri pada 1949. Konsentrasinya sebagai pensuplai komponen mesin, sasis, bodi dan lain-lain. Setelah beberapa tahun mengembangkan transmisi otomatis, pada 2013 silam mengembangkan transmisi otomatis 8 speed.  Apa yang dibuat Aisin AW dengan kode AWF8FXX diakui sebagai transmisi 8 speed pertama yang didesain untuk mesin melintang.

Transmisi Otomatis 8 Percepatan

Adalah Lexus RX350 F Sport yang jadi kendaraan pertama yang mengaplikasikan transmisi tersebut.  Kemudian berturut-turut kendaraan dari pabrikan Volvo (S80 II, V70 III, S60 II dan V60), BMW (Active Tourer dan X1) serta Chevrolet Malibu. Soal kelebihan, tentu hubungannya dengan performa mesin putaran bawah, konsumsi bahan bakar dan kenyamanan. Sebenarnya enggak hanya sampai di situ saja, Aisin berhasil mendesain transmisi 8 speed ini lebih kompak. Artinya ruang yang dibutuhkan sama dengan memasang transmisi 6 percepatan.

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa