Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil F1 Ferrari 2016 Mirip Tahun 1975

Minggu, 21 Februari 2016 | 19:17 WIB
No caption
No credit
No caption

Maranello – Tim Ferrari menghadirkan mobil baru untuk musim balap 2016 dengan tampang retro. Yaitu livery putih pada penutup mesin (engine cover), mirip mobil 312T pada musim balap 1975.

Di markas tim di Maranello, Italia, Jumat (19/2), Ferrari memperkenalkan mobil SF16-H yang akan digunakan Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen balapan tahun ini. SF16-H dengan hidung lebihpesek, menggantikan model sebelumnya SF15-T

Inisial SF dari Scuderia Ferrari, 16 tahun 2016 dan huruf H kependekan Hybrid. Selain desain baru dengan perubahan di sektor aeodinamika, SF16-H juga menampilkan livery yang berbeda dari kakaknya dalam beberapa tahun terakhir. Corak warna putihnya kini lebih banyak.

Kelir putih ada di tepi sayap depan, bagian bawah hidung yang memanjnag ke samping belakang, pelat tegak di depan sidepods dan porsi paling banyak di penutup mesin.

Mobil Ferrari yang selalu didominasi merah, pernah mengaplikasi tutup mesin warna putih. Yaitu mobil 312T rancangan Mauro Forghieri, dibangun untuk Niki Lauda dan Clay Regazzoni pada musim balap 1975.

No caption
No credit
No caption
Ferrari 312T yang membawa Niki Lauda dan tim Ferrari juara dunia pada 1975

Saat itu, Niki Lauda meraih lima kemenangan dan Clay Ragazzoni sekali menang. Lauda keluar sebagai juara dunia, Ferrari juara dunia konstruktor.

Seri 312T digunakan dalam berbagai versi dari 1975 hingga 1980, yang lambat laun desain penutup mesin warna putih menghilang dan bodi mobil kembali dibalut merah penuh.

Hingga akhirnya muncul kembali pada 1993 lewat mobil F93A yang dikendarai Gerhard Berger dan Jean Alesi. Itulah mobil F1 Ferari terakhir dengan warna putih pada penutup mesin.

Mobil F1 Ferrari dengan penutup mesin warna putih terakhir kali muncul di model F93A tahun 1993, seperti dipakai Jean Alesi pada GP Italia

Mirip mobil 321T, pada mobil SF16-H warna putihnya melebar hingga ke kokpit. Bendera Italia, hijau-putih-merah juga melingkar di corong udara bagin atas, hanya saja bentuknya berdeda.

Dengan SF16-H, tim Ferrari bertekad juara dunia dunia dan menghentikan dominasi tim Mercedes. Tahun lalu Ferrari menang tiga kali lewat pembalap barunya, Sebastian Vettel. Di klasemen konstruktor, menempati posisi kedua di belakang Mercedes.

Omong-omong, apa ya komentar Niki Lauda yang juara dunia tiga kali, dua di antaranya bersama Ferrari, mengingat ia kini jadi salah satu tokoh penting di tim Mercedes, saingan berat Ferrari. (otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa