Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Honda Tiger 2000, Supermoto Rangka Special Engine

Otomotifnet - Rabu, 2 Maret 2016 | 15:49 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Christian Pandis benar-benar kepincut trail special engine, tapi bukan untuk garuk tanah. Pria berkacamata ini mau bergaya supermoto!

Masalahnya pacuan special engine kurang cocok untuk harian, selain mesinnya yang racing spec, urusan legalitas, motor balap ini dijual tanpa surat-surat dan kelengkapan lalu lintas. Solusinya, Honda Tiger lansiran 2004 kena rombak dengan rujukan Yamaha YZ250F lansiran 2006.

Desainnya, di copy-paste, bahkan agar benar-benar sempurna, rangka aluminium trail asal Jepang ini ikut dipasang lengkap suspensi depanbelakang dan cover body-nya. Lah, kalau ini jadinya YZ bermesin Tiger dong? “Hehee.. Iya,” kekeh pria ramah yang mempercayakan pengerjaan motornya pada Aneka Motor (AM) di Ciledug, Tangsel. “Karena rangkanya ringan, dari YZ250F, jadi enggak cape buat diajak jalan,” bebernya.

No caption
No credit
No caption
 

Pengerjaanya pasti ribet, tentunya karena dudukan dan dimensi mesinnya berbeda. “Paling sulit terletak pada menempatkan mesin Honda Tiger ini pada rangka special engine, perlu penyesuaian engine mounting yang presisi agar motor tetap nyaman dipakai,” jelas Chris sapaan akrabnya.

Dudukan dibuat baru dari pelat besi. Khusus engine mounting yang belakang, lubang baut di crankcase atas justru tidak dipakai karena menyesuaikan dengan konstruki rangka baru. Special engine ini, rangka tengahnya double, sedang Tiger ada hanya satu di tengah.

Sedang suspensi tinggal plek, karena dari YZ250F juga. Sokbreker depan upside down hingga swing arm satu paket. Yang menarik justru peleknya, ini pakai aftermarket yang sejatinya didesain untuk Kawasaki Ninja 250. “Masih sedikit yang mengaplikasikan pelek Ninja 250 di supermoto, jadi tampil beda. Tapi cukup merepotkan karena perlu membuat bushing baru dan membubut pelek agar tetap center,” tutup Chris yang mengaku puas dengan ubahannya ini. • (Otomotifnet.com)

 


Data Modifikasi
Pelek depan             :  Chemco 2.75x17
Pelek belakang        :   Chemco 4.00x17
Ban depan               :    Zeneos Turino 120/70 -17
Ban belakang          :      Zeneos Turino 160/60-17
Knalpot                   :     Endurance
Plate number          :        KTM
Setang Renthal        :       Twinwall
Sepatbor belakang   :       KX250F
Jok                         :      Custom
Sepatbor depan        :  KTM
Handguard               :   Acerbis
Decal DS                 :  Graphics
Arena Motor 08119932455

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa