Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Akhirnya Raja Minyak Arab Bisa Pakai Supercar Buatan Negeri Sendiri

Bagja - Senin, 22 Februari 2016 | 16:18 WIB
No caption
No credit
No caption

Abu Dhabi - Mobil-mobil mewah sekelas supercar sudah tak asing seliweran di jalan-jalan raya negara Teluk yang kaya minyak seperti Qatar. Bahkan, kepolisian di Dubai juga sudah menggunakan Lamborghini.

Meski begitu, semua mobil-mobil mewah tersebut diimpor dari berbagai negara di dunia. Namun mulai tahun ini, semua itu akan berubah. Para raja minyak di Arab akhirnya bisa pamer supercar buatan negaranya sendiri.

Namanya Elibriea. Sebuah supercar yang sejak dari konsep sampai pembuatan dikerjakan di Qatar. Sudah diresmikan di Qatar Motor Show 2016 di Doha, akhir Januari lalu. Prototipe supercar berlapis emas ini dirancang untuk menyerupai pesawat jet tempur siluman, dibekali mesin V8 dengan tenaga 525 dk.

No caption
No credit
No caption
Elibriea

Pengembangannya membutuhkan waktu sampai 2 tahun. Awalnya merupakan gagasan pemuda 27 tahun Abdul Wahab Ziaullah, warga Pakistan di Qatar yang lulus dengan gelar di bidang teknik dari cabang Texas A&M di Doha.

Ziaullah pertama menggambar sketsa supercar masa depannya lebih dari satu dekade lalu, saat ia masih di SMA. Desainnya yang futuristik dan "Made in Qatar" tampaknya mengesankan banyak pengunjung di pameran mobil.

"Ini adalah prototipe canggih yang dapat diterima pasar dan diproduksi secara profesional," komentar Imad Hashim, Corporate Communication Manager Ali Bin Ali Group, kepada Reuters awal bulan ini. "Ide ini tidak akan berhenti di sini pada tahap prototipe. Ini memiliki potensi besar untuk tumbuh. Prestasi bagi negara" tambahnya.

Elibriea tampak belakang

Sama dengan di Indonesia ketika klaim mobil nasional muncul, respon terhadap supercar Qatar ini pun tak semua baik. Tidak semua orang menyukai, karena dianggap desainnya punya tampang mengerikan. Bahkan, salah satu situs otomotif menulis judul "Apakah ini supercar paling jelek di dunia?".

Namun Ziaullah menangkap semua kritik tersebut dengan tenang. "Fakta bahwa ada sekelompok besar orang yang mencintai desain mobil ini sudah lebih dari cukup bagi saya untuk terus mengembangkannya," katanya. 

Dia berharap konsep mobil barunya akan menarik bagi pembeli niche, dan berencana untuk mulai melesatkan ke pasar akhir tahun ini. Hmm, jadi iri sama Qatar, mobil nasional pertamanya langsung berjenis supercar! 

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa