Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Performa Yamaha MT-09, Menyempurnakan Knalpot Slip-on

Otomotifnet - Senin, 29 Februari 2016 | 09:57 WIB

“Pemasangan knalpot slip-on membuat pasokan bahan bakarnya terlalu kering”

Jakarta -  Buat yang pernah membesut Yamaha MT-09, pasti sepakat jika OTOMOTIF bilang torsinya sangat besar. Gas sedikit aja langsung ngacir, hal ini juga diakui Dimas Adrian yang juga kerap turing pakai motor naked tiga silinder berkapasitas ruang bakar 847 cc ini.

Nah, karena hobinya turing, pria yang berprofesi sebagai fotografer ini ingin napas di putaran atasnya juga lebih panjang. Salah satu langkah awal yang ia lakukan adalah pasang knalpot slip-on buatan Akrapovic.

“Bunyi dan bentuknya sih keren, carbon! Tapi sayang performanya enggak terlalu berasa, dan malah jadi nembak-nembak,” keluh Dimas yang langsung ditanggapi M. Adi Kurniawan atau Memet, kepala bengkel Aerospeed 74.

Enggak asal analisa, Memet membawa MT-09 berwarna hitam ini ke atas dynamometer Dynojet 250i. Dari situ langsung terbaca jika ternyata pemasangan knalpot slip on ini membuat pasokan bahan bakarnya terlalu kering, air fuel ratio (AFR) terbaca lebih dari 15:1. Harus dikoreksi nih.

Solusi yang ditawarkan Memet adalah melakukan seting ulang dengan pemasangan piggyback Dynojet Power Commander V. Selain itu, filter udara racing buatan BMC juga dipasang agar pasokan udara makin plong. Oleh memet, AFR diseting merata 14:1 hampir di semua putaran mesin.

Hasilnya? Power naik 6,04 dk dari 89,84 dk jadi 95,88 dk dengan peak power bergeser ke putaran mesin lebih tinggi dari 9.050 rpm ke 10.700 rpm. Sedang Torsinya tak bergerak, justru turun 0,02 Nm, meski begitu Dimas tetap mengaku senang karena yang dibutuhkannya adalah nafas lebih panjang.

“Saat turing ke Bali pakai spek ini, torsi dan respons standarnya sudah cukup galak. Tapi perbedaan terasa ketika di rpm atas, napas MT-09 yang sekarang jauh lebih panjang, limiter sampai 11.000 rpm,” kekehnya. Mantab! • (Otomotifnet.com)

Knalpot Slip On
Power : 89,84 dk @ 9.050 rpm
Torsi : 71 Nm @ 7.500 rpm

Knalpot + Piggyback + Air Filter
Power : 95,88 dk @ 10.700 rpm
Torsi : 70,98 Nm @ 7.600 rpm

DAFTAR BELANJA
BMC Air filter : Rp 1,3 juta
Piggyback Dynojet PCV : Rp 5,8 juta

Aerospeed74 : 081280008227

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa