Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Cara Indospring Produksi Per Untuk Dunia

billy - Senin, 22 Februari 2016 | 22:13 WIB
No caption
No credit
No caption

Gresik - Indonesia boleh bangga memiliki pabrikan suspensi kelas dunia di Gresik, Jawa Timur. Di pabrik milik PT Indospring Tbk ini diproduksi leaf spring alias per daun, coil spring atau per keong dan  engine valve spring untuk per klep mobil. 

Perusahaan yang terdaftar dengan kode emiten INDS ini ternyata juga memiliki tim R&D sendiri untuk menangani permintaan customer di 14 negara. Nah Minggu(21/2) lalu, Otomotifnet, komunitas Pajero Owner Club (POC) chapter Gresik, Jazz Fit Club (JFC) dan Avanza Xenia Indonesia Club (AXIC) Surabaya, diberi kesempatan mengintip pabrik ini.

“Untuk pabrikasi kami dari awal assistance oleh Mitsubishi,” terang Rianto Nurhadi, founding father Indospring. 

Maksud pria ramah berusia 86 tahun ini, standardisasi ala Jepang sudah menjadi bagian pada setiap produksinya. Seperti pendampingan oleh Mitsubishi Steel MFG Co. Ltd dan Murata Spring Co.Ltd. 

Indospring produksi per kelas dunia

Meski begitu Indospring tetap mandiri dengan kepemilikan lokal. Enggak heran, mesin-mesin terkini dengan lengan robotic sudah membantu proses produksi per Indospring. Tak heran setiap 6,8 detik bisa lahir satu satu buah per keong dari mesin tersebut.

Divisi R&D yang independent juga patut diacungi jempol. “Pabrikan mobil menyerahkan pemilihan dan pengujian per ke divisi ini,” tambah Teddy Limyanto, Kepala departmen penjualan dan pemasaran PT. Indospring. Tbk. 

Sehingga setiap ada rencana peluncuran mobil baru, tim ini sudah dilibatkan bahkan sejak 2-3 tahun sebelum model tersebut dipasarkan. 

Proses pengujian juga keren. Misalnya ada laboratorium yang bisa mendeteksi keretakan terkecil pada material per. Bahkan ada penggunaan X-ray. Disana juga dilakukan uji fatik per hasil produksi. 

Caranya dipasang di mesin penguji dan diberi beban berulang. Saat Otomotifnet bertandang terlihat beberapa per keong diuji hingga 200.000 kali tekan.

Tak heran hingga kini Indospring dipercaya sebagai suplayer OEM banyak pabrik mobil di dunia. Bahkan beberapa merek kondang aftermaket seperti Old Man Emu dibuat di Gresik. 

Secara keseluruhan dilihat dari kapasitas produksi sebagai nomor satu di Asia Tenggara dan  masuk 5 besar dunia.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa