Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bukti Nyata Pentingnya Kursi Anak di Mobil untuk Keselamatan

Bagja - Selasa, 23 Februari 2016 | 12:29 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Bolehlah kalau mobil-mobil modern saat ini masih cenderung fokus melindungi penumpang dewasa di kabin mobil saat terjadi insiden, karena untuk perlindungan anak, dari beberapa data test crash masih lebih rendah.

Namun, konsumen tetap bisa mengoptimalkan keselamatan anak di dalam mobil dengan menggunakan kursi anak (Child Car Seat), terutama pada mobil-mobil yang sudah menyematkan fitur ISOFIX, maka kegunaan kursi anak untuk meningkatkan keselamatan akan optimal.

Mau bukti? Meletakkan kursi anak menghadap belakang terbukti telah menyelamatkan nyawa seorang anak saat terjadi kecelakaan di di Tacoma, Washington. Kecelakaan itu melibatkan bayi berusia dua tahun, yang hidupnya diselamatkan oleh kursi anak yang menghadap ke belakang.

Kylee Barrett, yang menceritakan kejadian pada media sosial, berada dalam mobil menuju sekolah, hanya lima menit dari rumah mereka. Tiba-tiba ada truk yang membuat sang pengemudi harus banting setir sehingga mobil terguling dan menabrak pohon.

Saat kecelakaan mobil remuk, tapi bayi 2 tahun selamat berkat kursi anak

Sang bayi diletakkan pada kursi anak di kursi belakang mobil. Beberapa memar dan luka memang dialami sang bayi, namun selamat! "Bayi saya tidak apa-apa, dan saya bisa mengatakan karena dia menghadap ke belakang adalah alasan mengapa dia bisa selamat,"

Seorang pengguna media sosial lainnya turut mengomentari insiden tersebut. Dia mengatakan kalau kursi anak tersebut sebenarnya bukanlah kursi paling baik, karena secara harga pun hanya sekitar 100 USD, yang untuk pasaran Amerika termasuk murah.

"Itu memang bukan kursi anak yang baik, tetapi sebenarnya lebih menekankan pada titik bahwa anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk menjaga anak anda aman di mobil. Cukup perhatikan cara menggunakannya dengan benar, agar kehidupan anak anda bisa diselamatkan," komentarnya.

Nah, di Indonesia pun yang akhir-akhir ini banyak terjadi insiden mobil, baik di jalan raya umum maupun jalan tol, penggunaan kursi anak harus lebih jadi perhatian, termasuk cara menggunakannya yang benar. Karena kita benar-benar tidak bisa mengharapkan 100 persen sistem keamanan bawaan pada sebuah mobil.
 

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa