Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Mocil GP, Pegang Rekor 34 Detik Besutan Pembalap Eropa

Dimas Pradopo - Kamis, 25 Februari 2016 | 22:38 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 

Jakarta - Main Mocil GP bagi Ali Adrian Rusmiputro yang sempat membalap di European Junior Cup musim 2013 ini seakan nostalgia. Saat berumur 9 tahun Ia sudah akrab dengan pocket bike 50 cc.

“Biarin deh dicengin pembalap turun gunung, yang penting olahraga dan latihan fisik, karena ternyata bawa motor ini lumayan menguras tenaga,” beber Adrian.

Kebetulan pula, tim lamanya di ajang balap nasional Anjany Racing (AR) juga sedang demam main Mocil GP, klop! Modifikasinya bisa dilakukan bersama. Jika awalnya hanya memindah footstep ke belakang, nyatanya tidak cukup. Agar posisi duduk mendukung manuver kaki, jok dipanjangin ke belakang hingga coak bodi.

Agar stabil dan mampu menopang bobot orang dewasa hingga 70 kg, Mocil GP buatan Tingkok ini perlu diperkuat. Sasisnya dibuat lebih rigid dengan penambahan rangka kotak di sebelah kiri mesin, dari komstir hingga engine mounting bagian bawah. Sedang fork roda depan dan setang yang awalnya hanya pipa kosong disi dengan aluminium.

No caption
No credit
No caption
 

Untuk oprekan mesinnya, semua dikerjakan secara manual alias akal-akalan dari mekanik AR karena racing part-nya memang belum banyak beredar.

Dimulai dari blok silinder, exhaust port diporting tidak kurang dari 2 mm, sedang lubang transfer port dipapas 2 mm dan masih mempertahankan sudut aslinya agar suplai gas bahan bakar dari lebih cepat mengisi ruang bakar.

Mengimbanginya, karburator direamer 2 mm dan spuyer dirojok. “Kan belum ada yang jual jetting kit-nya, jadi main rojok aja,” beber pembalap kelahiran 1993 ini.

Knalpot diganti dengan racing, diameter perut sedikit lebih gendut dengan silincer free flow. “Powernya oke tapi berisik,” ujarnya. Hasilnya, lap timing yang dihitung manual pakai stopwatch menunjukkan 34,4 detik. Mantab!

 

Data Modifikasi
Sasis: Custom by Anjany Racing
Setang: Custom by Anjany Racing
Fork: Custom by Anjany Racing
Karburator: Standar reamer
Kampas Kopling: Racing
Blok: Custom By Anjany Racing
Knalpot: Racing
Anjany Racing: 08129456913

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa