Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penggunaan Parasut Pada Mobil Drag Race Ada Bahayanya

DAB - Minggu, 28 Februari 2016 | 15:50 WIB
No caption
No credit
No caption

SENTUL - Ada hal yang berbeda dari mobil milik Wiliam Suliawan pembalap dari Prodrag FT Putra Rafflesia yang berlomba di Drag Race Sentul seri 2 (28/2). Mobilnya terdapat bungkusan parasut yang ‘nemplok’ di bagian belakang mobil.

Yup, penggunaan parasut memang lazim digunakan dalam ajang Drag Race. Kecepatan mobil yang konstan di trek lurus kadang membuat mobil susah direm.

Hal ini dijelaskan oleh Joko, pria yang dipercaya sebagai mekanik tim Prodrag FT Putra Rafflesia. “Penggunaan parasut memang diperbolehkan di kompetisi drag race, khususnya kelas FFA yang mobilnya kencang-kencang. Parasut ditambahkan untuk membantu pengereman agar mobil tidak bablas,” kata Joko menjelaskan.

Percepatan mobil yang konstan terkadang membuat mobil sulit untuk direm

Jika ada mobil yang pengeremannya sudah mumpuni, maka boleh untuk tidak menggunakan parasut di mobilnya.Namun ada yang harus diperhatikan untuk pembalap yang memasang parasut di mobilnya, yaitu penggunaan sabuk pengaman alias safety belt

Sabuk pengaman mempunyai peran untuk menahan posisi badan pembalap jika terjadi kecelakaan. Namun jika ia menggunakan parasut guna mengentikan laju mobil, maka sabuk pengaman harus dipasang agak longgar sebelum ia memulai lomba.

“Kalo sabuk pengaman dipasang terlalu kencang, maka akan membebani tubuh pembalap saat parasut dilontarkan. Risikonya cukup tinggi, gaya tekannya bisa menyebabkan tulang selangka dan tulang pundaknya tertekan bahkan bisa patah,” pungkas Joko.

Wah, setiap aspek keamannya harus diperhatikan benar nih. (otomotifnet.com)

Editor : DAB

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa