Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Performa Yamaha Jupiter MX 2014 Buat Hobi Fun Race

Otomotifnet - Jumat, 4 Maret 2016 | 15:46 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Gelaran fun race yang belakang ramai memang menjadi alternatif bagi penghobi cornering, salah satunya Bimo Mukti yang tergoda untuk gas pol di sirkuit Sentul, Bogor. Untuk itu Jupiter MX  2014 sengaja disiapkan. Hasil akhirnya di Sentul kecil sukses raih catatan waktu 1 menit 1 detik dengan berat badan 73 kg. Wah, seperti apa ubahannya yang dilakukan bengkel KM.18 EAST Team? Simak terus! (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Bore-Up

Karena masih 135 cc, kapasitas ruang bakar langsung didongkrak pakai blok dan piston Yamaha V-Ixion. Piston 57 mm, ruang bakar langsung meningkat jadi 149,8 cc. “Piston masih asli bawaan V-Ixion yang bentuknya cekung, kompresinya jadi rendah,” buka Bagas Setiawan, owner sekaligus mekanik KM.18 EAST Team. Untuk mengakalinya, head dipapas 0,5 mm, kompresi menjadi 11,6:1. 

Noken As

Mengatur ulang suplai bahan bakar, Bagas memperbesar diameter klep in jadi 22 mm dan ex 19 mm menggunakan produk CMS diikuti dengan porting-polish. “Noken as dicustom dengan tujuan mendapatkan power atas. Durasinya 280˚ dengan lift tinggi, hitung-hitungannya rahasia dapur ya,” kekehnya. Karena lift noken as tinggi, per klep pakai yang lebih keras untuk mencegah klep telat menutup dan bertabrakan dengan piston.

Pengapian

Untuk membuka limiter dan membuat pembakaran lebih sempurna, CDI BRT Hyperband dipilih. “Magnet juga dipapas untuk meringankan beban mesin,” lanjut pria keturunan jawa ini. Berat magnet yang awalnya 2.350 gram dipangkas menjadi 750 gram.

Hasil Dyno

Setelah melakukan ubahan mesin, power dan torsinya tercatat 19,03 dk @ 11.200 rpm dan torsi 13,08 Nm @ 9.200 rpm. Hasil ini diukur di atas dynamometer Dynojet milik Duta Motor Sport di Jl. M.Hasibuan Bekasi Barat, Jabar. Jika dibandingkan dengan klaim pabrikan, yang hanya 12,3 dk, peningkatannya lumayan juga ya.

Data Modifikasi:

Kompresi : 11,6:1

Per klep : Daytona

Klep : CMS

Gigi rasio 5 : CMS

Noken as : Custom

Per kopling : Custom

CDI : BRT Hyperband

Karbu : PWK Sudco 28

Kampas kopling : WRX

Knalpot : WRX Oval R2

Final gear : 50/13

Duta Motor Sport : 021-88345166

KM.18 EAST Team : 081293409943

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa