Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Switch Headlamp Kawasaki Ninja 250, Biar Aki Makin Awet

Otomotifnet - Selasa, 1 Maret 2016 | 13:09 WIB

Jakarta -  Kawasaki Ninja 250 dan Ninja RR mono punya kemiripan sama-sama mengusung fitur Auto Headlight On (AHO), yang diwajibkan guna mendukung safety sesuai UU Nomor 22 Tahun 2009 pasal 107 ayat 2. Namun, fitur ini punya kelebihan dan kekurangan. Misalnya, jika mematikan mesin hanya melalui engine cut off bukan dari kontak, maka lampu utama tetap menyala sehingga membebani aki. Dan ketika menyalakan mesin, arus listrik yang dibutuhkan makin besar, sehingga beban aki berat. Kalau sering dilakukan, kelamaan aki bisa tekor. Maka enggak kuat untuk memutar electric starter, kalau sudah begitu bingung kan?

“Aki akan lebih cepat tekor saat mesin mati dan lampu menyala, karena tak ada proses recharge, ditambah saat menggunakan electric starter, daya yang dibutuhkan jadi ekstra,” jelas Baron, pemilik BRN Tech di Jl. Siaga II, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jaksel.“Solusinya biar aki makin awet pasang switch Head lamp on/off untuk lampu utamanya, biar bisa dimatikan saat menyalakan motor,” terangnya lagi.

Untuk pemasangan switch on/off ini, pemasangannya cukup mudah, hanya perlu menyambungkan 2 kabel untuk pengantar dan pemutus arusnya yang berwarna merah/kuning dan biru/kuning, namun untuk mempermudah proses instalasi switch ini, sebelumnya kita harus melepas tangkinya. Kalau tangki sudah dilepas, jadi lebih mudah menemukan soket lampu utama yang berada di sebelah kiri. Dan untuk menghindari korsleting, Baron menyarankan untuk tidak memotong kabel aslinya.

“Biar pemasangannya lebih rapi, sebaiknya kabel merah/kuning yang dari kabel bodi dikeluarkan dari rumah soket pakai obeng min dengan cara didorong keluar, begitu juga kabel biru/kuning yang dari switch lampu. Setelah itu baru digabung dengan switch on/off yang akan dipasang, sehingga meminimalisir kebocoran kabel yang menyebabkan korsleting,” tutup Baron. Gampang kan? Yuk bongkar sendiri. Oh ya yang penting saat jalan jangan lupa nyalakan lagi lampunya ya! • (otomotifnet.com)

Switch On/off plus pasang: Rp 70 ribu

BRN Tech: 085771888901

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa