Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Servis BMW R 1200 GS, Free Only for Members

Otomotifnet - Senin, 7 Maret 2016 | 10:46 WIB

Jakarta - Motor dengan tongkrongan adventure banget ini ternyata cukup diminati warga Indonesia yang berkantong tebal dan doyan berpetualang jalan jauh. Wajar saja, dengan segala fiturnya, jalan-jalan bersama BMW R 1200 GS jadi lebih menyenangkan. Makin menyenangkan jika tahu program servis yang ditawarkan PT Maxindo Moto Nusantara (Maxindo Moto), importir resmi BMW Motorrad di Indonesia. Yaitu program BMW Motorrad Service Inclusive (BMSI) di BMW Motorrad Gallery. Mereka yang sudah teregistrasi akan mendapatkan free servis dan beberapa part penggantinya selama 12 bulan atau 10.000 Km tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

Paket ini gratis jika motor dibeli di Maxindo Moto, tapi kalau BMW R 1200 GS-nya dibeli dari importir resmi sebelumnya, dikenakan biaya Rp 5 sampai 10 juta dengan melampirkan beberapa persyaratan seperti faktur dan berkas kepemilikan yang lain. Lalu apa saja perawatan yang dijamin dalam program ini. “Yuk kita rinci,” buka Johan Imansyah selaku Service Manager Maxindo Moto. Ketika motor ini sampai di tangan konsumen, servis pertama dilakukan ketika odometer menyentuh angka 1.000 km atau 6 bulan tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

Sampai di bengkel, yang pertama diganti adalah oli mesin yang ada di mesin boxer berkapasitas 1.170 cc ini. “Penggantian oli di 1.000 km pertama bertujuan untuk mengecek apakah ada serpihan logam halus di dalam mesin sisa perakitan, penggantian olinya butuh 4 botol yang tiap botol nya berisi 1 liter,” beber Johan. Penggantian oli dibarengi penggantian filter oli dan gasket ring supaya mesin tetap optimal. Setelah servis pertama, saatnya gaspol turing dengan motor jangkung dengan bobot 238 kg ini. Setelah odometer menunjukan 10.000 km atau 12 bulan, kembali masuk pit stop, maksudnya bengkel resmi BMW. Lakukan pengecekan menyeluruh.

Detailnya, persis seperti pengecekan saat servis pertama tapi ditambah dengan beberapa pengecekan tambahan. Seperti pengereman, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Karena ketika melakukan turing tentunya ada medan yang berkontur tanah dan berpasir, jika tidak diperiksa dan dibersihkan bisa membuat piston kaliper macet dan berakibat rem blong. Setelah itu  adalah penggantian brake fluie atau minyak rem. Yang terakhir adalah penggantian kampas rem, “Untuk penggantian kampas rem ini sebenarnya tidak bisa diukur dengan waktu, karena banyak penyebabnya misalkan cara berkendara yang kasar.

Tapi tidak ada salahnya untuk melakukan penggantian kampas rem di 10.000 km selagi masih free, hehee..” lanjut pria yang ngantor di Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, JakSel ini. Semua part yang disebutkan di atas gratis karena sudah termasuk dalam paket. Tidak hanya itu, keuntungan lain terregistrasi BMSI adalah gratis cuci selama 1 tahun dan gratis polish sebanyak 2 kali. Kemudian free towing di area Jabodetabek 2 kali antar jemput. Yuk turing lagi! (motor.otomotifnet.com)

Maxindo Moto Gallery : 021-7203912

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa