Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kunci Pengaman Motor Tambahan Minimal Ada Perlindungan Ekstranya Bro

Otomotifnet - Jumat, 4 Maret 2016 | 11:29 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta -  Nasib sial tidak ada yang tahu kapan akan datang. Ditinggal sebentar saja, motor bisa raib digondol maling Enggak jauh-jauh. Pengalaman pahit ini dialami salah satu kenalan OTOMOTIF yang baru saja kehilangan Suzuki Satria F150 miliknya di parkiran rumah. “Memang musibah enggak ada yang tahu, maling menjebol pagar rumah terus ngambil motor waktu saya dan keluarga lagi tidur. Coba kalau waktu itu motor saya gembok, mungkin lain ceritanya,” keluhnya.

Berdasarkan pengalaman tersebut dan banyak korban lainnya, tak pelak pakai kunci tambahan merupakan keharusan saat motor ditinggal tanpa pengawasan. Sebab, tingkat kesulitan maling akan bertambah. Beragam jenis kunci pengaman tambahan khusus untuk motor dijual di toko-toko aksesori motor. Model dan jenisnya juga beragam. Seperti berikut ini.  (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Disclock/Gembok

Merupakan kunci pengaman tambahan yang paling banyak ditemui di pasaran. Karena pemasangannya yang simpel, disclock sepertinya masih menjadi senjata pilihan pemilik motor untuk mempersulit maling. Dari namanya, jelas apa fungsinya. Disclock digunakan dengan cara diselipkan di piringan cakram depan motor anda. Dengan begitu, rotasi roda akan tertahan ketika disclock bersentuhan dengan kaliper rem.

Cara ini juga bisa diimprovisasikan dengan menggunakan gembok pintu. Caranya penggunaanya sama, diselipkan di kisi-kisi cakram selayaknya disclock. Pilihan untuk memakainya tentu kembali ke anda, keduanya cukup menyulitkan ketika maling sudah berhasil menjebol rumah kunci motor anda. Pilih yang tak mudah dirusak. Harga biasanya jauh lebih mahal dari gembok biasa.

No caption
No credit
No caption

Griplock

Ini merupakan salah kunci pengaman yang memiliki sistem unik. Sama dengan disclock, griplock juga menggunakan sistem pengereman motor untuk menghentikan pergerakan motor, bedanya alat ini memanfaatkan tuas rem depan. “Ketika dipakai, griplock akan menahan posisi tuas rem dalam keadaan terpencet, membuat rem depan mengunci. Dengan kondisi motor yang enggak bisa digerakkan, diharapkan maling akan kesulitan ketika ingin memberondong motor,” kata Steven Lay, Owner dari Layz Motor.

Immobilizer

Jika kedua jenis produk di atas dirasa masih kurang memberikan rasa aman, kini anda bisa gunakan teknologi Immobilizer kok di motor. Teknologi yang umum terpasang di mobil keluaran baru ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2011, diperkenalkan oleh produsen CDI asal Cibinong, Bintang Racing Team (BRT) dengan nama I-Max digital smart key. Tommy Huang, bos BRT menjelaskan, “Produk ini sistemnya menggunakan teknologi Radio Frecuency Identification (RF-ID) pada alat yang kami sebut koin pintar.”

Ketika sudah diaplikasikan pada motor, koin pintar ini harus didekatkan terlebih dahulu pada receiver yang ditempatkan secara rahasia di motor. Jika reciever sudah mengidentifikasi koin, barulah motor bisa dinyalakan. Jika mendengar penjelasan Tomy, sepertinya maling akan garuk garuk kepala saat hendak mencomot motor dengan teknologi Immobilizer ini.

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa