Aktivasi Brake Hold di Honda, BMW, Lexus dan Mercedes-Benz

Sabtu, 5 Maret 2016 | 10:11 WIB

Asisten Kaki Kala Kemacetan

Jakarta - Tidak jarang kondisi kemacetan akut di Jakarta membuat kaki kanan ikut pegal karena harus menahan pedal rem pada mobil dengan transmisi otomatis. Memindahkan transmisi ke N dan menarik rem parkir pun tidak dianjurkan karena kondisi stop and go biasanya hanya berlangsung di bawah 10 detik.

Di situasi seperti ini, fitur Auto Brake Hold menjadi sangat berguna. Seperti dijelaskan Edy Sutasno, instruktur dealer Honda Kebon Jeruk. “Ketika diaktifkan, ECU memerintahkan modul ABS keempat roda untuk otomatis terus mengaktifkan rem sampai pedal gas kembali diinjak.” Karena relatif baru, masih banyak pengguna yang belum tahu cara mengaktifkannya. Nah, simak nih panduan menggunakan fitur Brake Hold pada beberapa merek yang menyediakan fitur ini di Indonesia. •  (otomotifnet.com)

Honda

Untuk merek Jepang yang satu ini, baru HR-V saja yang sudah memiliki fitur Auto Brake Hold. Agar dapat diaktifkan, rem parkir elektrik harus dalam posisi non aktif dan sabuk pengaman pengemudi harus terpasang. Kemudian, tekan tombol BRAKE HOLD di bawah tuas rem parkir elektrik di konsol tengah. Indikator “BRAKE HOLD” di spidometer akan menyala.

Dalam kondisi tuas transmisi di N atau D, injak pedal rem hingga mobil berhenti. Secara otomatis, indikator “HOLD” akan menyala dan rem akan tertahan secara otomatis, sehingga kaki kanan tidak perlu menahan pedal rem lagi. Untuk menonaktifkannya, cukup injak pedal gas kembali. Sedangkan fitur Auto Brake Hold akan mati ketika rem terus aktif dalam 10 menit atau tombol BRAKE HOLD ditahan.

Lexus

Hampir setiap model Mercedes-Benz terbaru dilengkapi dengan rem parkir elektrik yang sekaligus dilengkapi fitur “HOLD Function”. Namun cara mengaktifkannya agak berbeda dengan mobil lain karena tidak tersedia tombol khusus. Dalam posisi tuas transmisi di D, injak pedal rem hingga kendaraan berhenti. Jangan angkat kaki terlebih dahulu.

Dalam keadaan masih berhenti, injak lebih dalam pedal rem hingga muncul indikator “HOLD” pada MID yang menandakan rem sudah ditahan oleh sistem. Untuk menonaktifkannya, cukup injak pedal rem lagi atau injak pedal gas hingga indikator tersebut hilang. Memasukkkan tuas transmisi ke P juga akan menonaktifkan fitur ini secara otomatis.

Editor : Otomotifnet

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA