Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Membandingkan Koenigsegg Regera VS Bugatti Chiron, Siapa Lebih Kencang?

Bagja - Jumat, 4 Maret 2016 | 17:15 WIB
No caption
No credit
No caption

Geneva - Dua monster jalanan yang mungkin lebih tepat disebut 'Hypercar' untuk saat ini ternyata hadir bersamaan di Geneva Motor Show 2016, yakni Koenigsegg Regera dan Bugatti Chiron. 

Bahkan Bugatti Chiron disebut-sebut sebagai mobil paling kencang dan paling mewah di dunia. Kalau soal kecepatan darat, bahkan pendahulunya Bugatti Veyron bakal dipecahkan rekor kecepatannya. Namun, niatan Chiron bisa jadi terganjal sang lawan asal Swedia, Koenigsegg Regera.

Karenanya, menjadi menarik ketika kita membandingkan performa keduanya. Setidaknya diatas kertas bakal bisa terlihat siapa yang spesifikasinya lebih mentereng untuk menyabet gelar mobil termewah dan terkencang di dunia. 

Kalau sebelumnya diinformasikan, Bugatti Chiron dibekali dua buah mesin V8 yang digabungkan menjadi konfigurasi W16, dan didukung 4 turbo. Mengusung kapasitas 8.0 liter, produksi tenaganya mencapai 1.479 dk dan torsinya 1,600 Nm yang bisa mulai dirasakan sejak putaran mesin 2.000 rpm. 

No caption
No credit
No caption
Bugatti Chiron

Chiron bisa melesat dari diam ke 100 kpj hanya dengan 2,5 detik! Namun top speed untuk versi jalan raya ini dibatasi hanya sekitar 420 kpj--ya, 420 kpj!

Sementara Koenigsegg Regera mengambil langkah lain dalam meracik mesin monster agar bisa berlari sangat kencang. Regera mengandalkan mesin V8 berkapasitas hanya 5.0 liter twin-turbocharged bertenaga 1.085 dk.

Dengan tenaga hanya 1.085 dk, tentu masih kalah sama Bugatti Chiron yang tenaganya mencapai 1.479 dk kan? Eits, tenang, karena masih ada tiga motor listrik bertenaga total 704 dk yang menyokong tenaga tambahan untuk Regera. Gabungan keduanya menghasilkan tenaga 1.479 dk dan torsi 1.999 Nm.

Apakah anda memperhatikan? Besaran tenaga kedua monster jalanan ini sama-sama 1.479 dk! Dan untuk torsi, Koenigsegg Regera jauh lebih unggul mencapai 1.999 NM, sementara Bugatti Chiron hanya 1.600 Nm.

Berarti, masih sangat ada kemungkinan bagi Koenigsegg Regera untuk ikut serta dalam uji kecepatan darat, siapa tau dengan spesifikasi tersebut bisa memecahkan rekor Bugatti Veyron yang selama ini kadung sering disebut bakal diambil alih penerusnya di keluarga yang sama, Bugatti Chiron.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Hypercar Tercepat dan Termewah di Dunia

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa