Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rio Haryanto Beradaptasi Positif

Sabtu, 5 Maret 2016 | 15:45 WIB
No caption
No credit
No caption

CATALUNYA - Dua tahapan tes pramusim F1 Barcelona telah dilakoni seluruh kontestan dan bersiap menghadapi seri perdana di Australia. Penampilan Rio Haryanto sangat positif berdasarkan catatan waktunya.

Rio Haryanto menjadi pembalap pertama Indonesia di ajang balap single seater paling bergengsi di dunia itu. Sesi tes pramusim F1 yang berlangsung di Barcelona menjadi sarana bagi Rio Haryanto untuk beradaptasi.

Tak semata beradaptasi dengan mobil andalannya musim ini, yaitu Manor Racing MRT05, akan tetapi juga melakukan penyesuaian dengan atmosfer sekeliling, terutama dengan tim.

Rio Haryanto kantongi total 232 lap selama 8 hari sesi tes F1 di Barcelona

Rio Haryanto memang terbiasa dengan atmosfer F1 karena empat musim lamanya berkiprah di GP2 Series yang merupakan ajang single seater yang jadwal balapnya selalu berbarengan dengan kalender F1.

Namun diakui oleh Rio Haryanto atmosfer tim F1 dengan GP2 Series amat kontras. "Saat di GP2 Series, saya dan tim hanya terdiri dari kurang 10 personel. Di F1 ini lebih lebih dari 10 orang."

"Tiap personel memiliki fungsi dan peran yang berbeda. Itu sebabnya kenapa tes pramusim F1 ini penting. Bukan semata-mata mengenal mobil saja, tetapi juga menyesuaian diri dengan rutinitas dan personel tim Manor Racing," beber Rio Haryanto.

Selama 8 hari tes pramusim F1 yang dilangsungkan di trek Catalunya. Rio Haryanto mendapat slot 4 hari, dibagi rata dengan rekan setimnya Pascal Wehrlein.

Penampilan Rio Haryanto sejak tes Barcelona 1 dan 2 menunjukkan grafik meningkat. Hal itu berdasarkan catatan waktu yang dibukukannya.

Memang di hari terakhir tes Barcelona 1, Rio tidak dapat tampil maksimal dikarenakan ada kebocoran oli di mobil yang ditesnya. Begitu pula di hari terakhir tes Barcelona 2, Rio baru keluar dar garasi tim Manor Racing menjelang istirahat tengah hari.

Alhasil, Rio Haryanto baru melakukan tes sepenuhnya di sesi terakhir tes Barcelona 2 mulai tengah hari hingga sore. Memang mileage yang dikantongi Rio Haryanto terbilang minim.

Namun determinasi, ketekunan, semangat pantang menyerah dari seorang Rio Haryanto. Kiprah debut pembalap F1 pertama asal Indonesia di seri pertama nanti bisa berlangsung lancar. Mari sama-sama doakan dan dukung Rio Haryanto memberikan performa terbaiknya di ajang F1 musim ini. (otomotifnet.com)

DATA & FAKTA RIO DI TES F1 CATALUNYA
BARCELONA 1: 
   
Lap ditempuh 78  lap [Hari 3] - 51 lap [Hari 4]
Total lap (mileage) 129 lap
Catatan waktu 1:28,249 [Hari 3] - 1:28,266 [Hari 4]
BARCELONA 2:    
Lap ditempuh 45 lap  [Hari 1] - 58 lap [Hari 4]
Total lap (mileage) 103 lap
Catatan waktu 1:27,625 [Hari 1] - 1:25,899 [Hari 4]

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa