Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perlukah Kampas Rem Baru di Tes Jalan Biar Pakem?

billy - Senin, 7 Maret 2016 | 12:07 WIB
No caption
No credit
No caption

Gresik - Baru saja mengganti rem mobil Anda dengan brake pad atau brake shoe baru, masihkah ada pertanyaan: Perlukah dilakukan tes jalan beberapa kilometer agar performanya pakem? 

Nah hal ini Otomotifnet konfirmasikan kepada Hening Laksmana, presiden direktur PT. MK Prima Gemilang, produsen kampas rem MK Kashiyama di Gresik, Jaktim, saat rombongan LTT produk aftermarket PT Dirgaputra Eka Pratama(DEP) berkunjung.

Menurut pria yang membuat 400 ribu set kampas rem/bulan untuk mobil ini, menguji kampas rem seperti layaknya inrejen atau break in, sudah tidak perlu dilakukan. 

“Teknologi pembuatan kampas rem, baik brake pad atau brake shoe sudah sangat maju,” tambahnya. Sehingga tak ada lagi perlakuan melakukan uji coba permukaan gesek kampas rem.

MK Kashiyama

Dulu memang ada kebutuhan untuk ‘mematangkan’ lapisan luar kampas. Maksudnya agar bisa sealur dengan rotor atau disc dan permukaan drum tromol. Selain itu pembuatan resin dan lem untuk menempelkan kampas ke plat kaliper, tidak bisa bekerja keras langsung. 

Banyak kejadian remnya tidak pakem dan paling buruk lining rem bisa copot. Namun pabrikan yang baik dengan teknologi maju sudah tidak punya masalah tersebut. “Jadi habis ganti rem silakan dikendarai dengan normal dan direm seperti biasa,” tambah pria ramah ini.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa