Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Paket Bore-Up Yamaha V-Ixion, R15, MX King dan Xabre, Naik Hampir 7 Dk!

Otomotifnet - Selasa, 8 Maret 2016 | 11:38 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Yamaha New V-Ixion Advance, YZF-R15, Jupiter MX King dan yang paling terakhir Xabre lahir dengan mesin yang sama, yakni SOHC 4 klep dengan pendingin air atau radiator. Sudah injeksi bahan bakar dan punya kapasitas ruang bakar 149,8 cc diperoleh dari diameter piston 57mm dan stroke 58,5 mm.

Ketika diukur tenaganya di atas dynamometer Dynomite milik Ultra Speed Racing (USR) powernya tercatat 12,46 dk @ 8.300 rpm dan torsi maksimumnya 10,9 Nm @ 7.800 rpm. Masih belum puas? USR menawarkan paket bore up jadi 177 cc. “Paket ini bukan cuma buat V-Ixion tapi motor lain yang pakai mesin sama juga bisa pakai,” buka Freddy A Gautama owner USR. Penasaran? (motor.otomotifnet.com)

Blok Silinder

Membuat ruang bakar lebih besar, USR menyodorkan paket blok dan piston SRP dengan ukuran 62 mm, sehingga melonjak jadi 177 cc. ”Bloknya terbuat dari logam campuran keramik. Water jacket-nya juga lebih besar dari standar sehingga lebih dingin. Piston forged mentah, jadi bisa buat dome sesuka hati,” beber Freddy yang menyarankan kompresi 11,8:1 jika dipakai harian.

Kepala Silinder & Noken As

Meningkatkan asupan gas bahan bakar yang masuk, pembesut VW Golf ini enggak mau repot, cylinder head SRP dengan diameter klep in 23 mm dan ex 20 mm dipasang. “Sudut klepnya juga sudah lebih lebar, memang didesain untuk klep lebar,” bebernya. Isinya, noken as pakai BRT tipe T3. Bumbungan inlet spesifikasinya, lift 7,78 mm dan durasi 247˚. Sedang yang ex, durasi 250˚ dengan lift 8 mm.

Ecu & Injektor

Otak pengapian dan semprotan bahan bakar pakai ECU stand alone aRacer tipe RC Mini PLUS. Mengimbangi suplai bahan bakarnya, injektor lagi-lagi pakai merek SRP dengan 10 hole dan dapat menyemprot bensin sebanyak 160 cc / menit.

Oil Pump Gear

Agar pendinginan makin maksimal, sirkulasi oli di dalam mesin ditingkatkan. Caranya mengandalkan oil pump gear set yang memiliki jumlah mata lebih sedikit. “Efeknya pelumasan mesin di rpm tinggi jadi lebih baik,” beber Freedy yang tahun ini turun balap dengan Honda CB150R.

Hasil Dyno

Salah satu yang menggunakan racikan ini adalah Yamaha New V-Ixion Lightning rakitan tahun 2014 kepunyaan Welliam Lay. Setelah diupgrade, powernya naik menjadi 19,20 dk di 10.600 rpm dari standarnya 12,46 dk, ada kenaikan 6,74 dk. Lalu torsi naik menjadi 13,5 Nm di 9.800 rpm dari standarnya yang hanya 10,9 Nm, ada kenaikan 2,6 Nm. Wuih, lumayan juga ya!

Daftar Belanja

Paket kepala silinder dan klep : Rp 2,9 Juta
Paket blok silinder dan piston : Rp1,8 Juta
ECU : Rp 3,8 Juta
Injector : Rp 1 Juta
Knalpot : Rp 1,4 Juta
Gir Oil Pump : Rp 150 Ribu

Ultraspeed Racing : 021-53665127

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa