Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kena Penalti, Hyundai Gagal Hat-trick Podium

Senin, 7 Maret 2016 | 18:38 WIB

Meksiko – Keinginan tim Hyundai untuk naik podium tiga kali berturut-turut di awal kejuaraan dunia reli (WRC) musim ini, kandas setelah perelinya kena penalti.

Tim Hyundai yang menurunkan mobil i20 spek 2016, memulai kompetisi WRC dengan baik ketika Thierry Neuville finish ketiga di Monte Carlo, Januari lalu. Kemudian Hayden Paddon podium runner-up di reli Swedia.

Pada reli Meksiko yang baru saja usai, Hyundai jadi penantang berat skuad VW. Sejak hari pertama, Thierry Neuville sudah melakukan tekanan terhadap pimpinan klasemen Sebastien Ogier.

Sayang, Neuville yang nyaris menyodok ke depan, mobilnya melintir di awal hari kedua. Suspensi mobilnya rusak, pereli asal Belgia itu tidak bisa meneruskan lomba.

Neuville rontok, masih ada Dani Sordo dan Hayden Paddon. Namun Sordo yang di hari kedua berada di urutan tiga, posisinya terancam pereli VW lainnya, Andreas Mikkelsen.

Sordo sedikit lega, karena Mikkelsen mengalami kecelakaan di SS15. Seteru terdekat datang dari pereli tim M-Sport Mads Ostberg yang hanya terpaut 2 menit di akhir hari ketiga.

Sampailah di akhir lomba. Dani Sordo mempertahankan posisi ketiganya yang juga podium pertamanya musim ini. Sementara tim Hyundai Motorsport merayakan keberhasilan hat-trick naik podium.

Mobil generasi baru Hyundai i20 telah membawa semua pengemudinya naik podium di awal musim ini.

Sayang, kebahagiaan mereka hanya sesaat. Tak lama setelah seremoni di podium, keluar pernyataan dari penyelenggara yang memberi hukuman dua menit kepada Sordo.

Sordo yang semula unggul 1 menit 58,5 detik dari Mads Ostberg, harus menyerahkan trofi podium ketiganya kepada Ostberg. Karena Ostberg berbalik unggul 1,5 detik dari Soro yang harus puas di peringkat empat.

Dani Sordo dipenalti akibat melebihi batas pemakaian ban. Selama mengikuti reli, ia memakai 29 ban, kelebihan satu dari yang diizinkan sesuai Pasal 7.2 dari Peraturan Tambahan.

Team principal Michel Nandan dan manajer tim Alain Penasse mengatakan kepada pengawas lomba, ada kesalahan komunikasi pemakaian tiga ban baru dan dua ban bekas untuk i20 Sordo di zona pemasangan ban. Bukannya tiga ban bekas dan dua unit ban baru.

Hmm..sayang ya. (otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa