Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

How To Buy Yamaha Mio J Tahun 2013, Siapkan Rp 7 Jutaan

Otomotifnet - Sabtu, 12 Maret 2016 | 11:19 WIB

Jakarta - Sejak pertama lahir pada tahun 2004, Yamaha Mio sempat menjadi pemimpin pasar skutik di Tanah Air selama beberapa tahun. Memasuki tahun 2012, terjadi perubahan besar pada Mio dengan mengusung mesin injeksi dan kapasitas bagasi yang lebih besar serta berubah nama menjadi Yamaha Mio J. Sebelum membeli dalam kondisi seken, sebaiknya perhatikan bagianbagian yang kerap minta jajan.

“Kadang terasa ada getaran di CVT jika jam terbang sudah tinggi, terasa saat motor awal berakselerasi,” tutur Robin, mekanik bengkel Ciba29 yang berlokasi di Cilangkap, Jaktim. Orang-orang banyak menyebut gejala tersebut dengan sebutan gredek. Lanjutnya, kemungkinan masalahnya dari roller yang sudah peyang atau problem di kampas sentrifugalnya.

Selanjutnya cek peranti pengereman, jika kondisi kampas rem depan kurang diperhatikan, biasanya piringan rem mulai kena. “Kalau kampas rem sudah tipis baiknya segera diganti, agar piringan rem tidak termakan,” tambahnya. Nah, kalau sudah kena, lama-lama piringan akan menipis dan berpengaruh ke pengereman, biasanya ini sering terjadi. Selebihnya cukup cek komponen fast moving lainnya beserta komponen kaki-kaki.

Oiya, jangan lupa periksa komponen kelistrikan, bagian yang satu ini cukup vital karena motor ini sudah mengusung sistem bahan bakar injeksi. Lalu pastikan lampu indikator engine check tidak berkedip abnormal. Buat estimasi harga, Yamaha Mio J lansiran tahun 2013 ini dijual sekitar Rp 6 juta hingga Rp 7 jutaan. Kondisi motor sangat mempengaruhi harga jual. • (otomotifnet.com)

Plus:
Desain bodi ramping, Konsumsi BBM cukup hemat , Jaringan servis yang tersebar luas

Minus:
Performa mesin kurang bertenaga,  CVT kerap bermasalah, Suspensi keras

Daftar Spesifikasi
Kapasitas mesin              : 113 cc
Konfigurasi mesin            : 1 silinder SOHC YM Jet-FI
Transmisi                         : A/T CVT

Menakar Biaya Servis
Mengembalikan performa motor agar fit kembali, baiknya langsung bawa ke bengkel resmi atau bengkel langganan buat servis dan perbaikan. Skutik ini sudah mengusung mesin injeksi, jadi kalau mau lebih lengkap dan terjamin bisa langsung ke bengkel resmi.

Motor ini dianjurkan melakukan servis berkala tiap 3.000 km. Buat servis berkala biayanya Rp 40 ribu, servis besar sekitar Rp 175 ribuan dan overhaul mesin dikenakan biaya Rp 250 ribu. Jika ditemukan gejala gredek pada CVT, disarankan untuk overhaul CVT buat membersihkan dan mengganti part yang bermasalah, biayanya mulai dari Rp 45 ribu.

Biasanya yang dicek atau diganti yaitu roller, belt dan kampas kopling. Buat sistem injeksinya, ada bagusnya kalau sekalian diservis, mengingat jam terbang yang tinggi dan kualitas BBM bersubsidi yang ala kadarnya. Untuk biaya servis dan pembersihan sistem injeksi, mulai dari Rp 75 ribuan.

Harga Komponen
Busi                                   Rp 13.000
Kampas rem depan           Rp 55.000
Kampas rem belakang      Rp 47.000
Oli mesin                           Rp 32.500
Oli gear                             Rp 13.000
Roller                                Rp 51.000 /set
Belt                                   Rp 77.000
Filter udara                       Rp 43.000
Sumber: Wijaya Motor Yamaha, Ruko Lubang Buaya, Jl. Raya Pondok Gede Blok J/K No. 18, Jakarta Timur. Telp. 021-8411355

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa