Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bahan Bakar ‘Rumput Gajah’ Toyota Tunggu Pemerintah

Arief Aszhari - Selasa, 8 Maret 2016 | 12:09 WIB

Karawang- Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) merupakan salah satu perusahaan yang meneliti bahan bakar alternatif.

Toyota sepertinya memiliki tanggung jawab untuk memenuhi bahan bakar baru terbarukan untuk konsumsi pasar dalam negeri, dengan mengembangkan bio-ethanol dari rumput gajah.

Lalu, kapan bahan bakar bio-rthanol ini bisa diterapkan di Indonesia?

"Kita harapkan ini (bio-ethanol dari rumput gajah) bisa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tergantung pemerintah menggunakan energi baru terbarukan ini untuk mendukung bahan bakar itu," papar I Made Dana Tangkas, Direktur PT TMMIN kepada OTOMOTIFNET, di Karawang, Jabar (7/3).

Lebih lanjut pria asal Bali ini menjelaskan, saat ini pihaknya memang masih terus melakukan studi terkait bahan bakar alternatif tersebut.

Namun, ketika ditanya lebih lanjut kapan penerapannya di Indonesia, pabrikan asal Jepang ini masih menunggu permintaan pemerintah untuk hal tersebut.

"Sebelum ada permintaan dari pemerintah, akan kita ekspor jika memang ada permintaan, namun untuk mesin Ethanolnya sendiri memang kita ekspor," pungkasnya.

Editor : Arief Aszhari

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa