Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Tak Pernah Lupakan Mobil Sport "Harian"

Bagja - Rabu, 9 Maret 2016 | 11:35 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Honda memang unik, dibalik semua model mobil-mobilnya, terdapat DNA sport yang menjadi akar karakter dari pabrikan Jepang berlogo H ini. Kadang nuansanya banyak, kadang hanya sedikit saja. Penerapannya pun bisa dimana saja, entah sekedar tampang, maupun sampai beneran sport sampai ke teknologi dan mesin.

Kenapa karakter sport yang dipilih? Karena ini pun berdasarkan filosofi Honda. Jadi begini, mungkin hampir semua sepakat, mobil sport adalah mobil paling enak untuk dikemudikan. Hampir selalu menyenangkan. Ya, "kesenangan berkendara" atau bahasa gaulnya Fun to Drive. 

Namun, sudah urusan para insinyur Honda untuk membuat sebuah mobil berkarakter sport, yang fun to drive, tapi tetap menawarkan kenyamanan--sialnya, juga menjadi ciri khas Honda dalam menawarkan mobil. 

Pusing bagaimana cara mengemasnya? Sepertinya tidak. Karena Honda sebenarnya lumayan berhasil menerjemahkan DNA dan filosofonya dalam wujud mobil sport yang bisa dipakai harian. 

Jauh lebih rumit. Selain harus nyaman, namanya juga mobil dipakai tiap hari tentu konsumsi bahan bakar harus irit, ramah lingkungan karena polusi di kota besar sudah kotor. Semua itu, ditambah asupan teknologi tertentu, maka jadilah Honda CR-Z.

Mobil bergaya ala sport, apalagi tampilannya mungkin tak perlu diragukan nuansa sport-nya. Sudah begitu hadir dengan konfigurasi dua pintu dan dua tempat duduk. Lalu dipakailah teknologi IMA (Integrated Motor Assist) yang tugasnya sebenarnya lebih mirip turbo, tapi ini versi elektrik.

Ya, ada motor listrik pada CR-Z, selain mesin bensin berkapasitas 1.5 liter i-VTEC yang terdapat dibalik kap mesinnya. Motor listrik tersebut punya tugas khusus yakni menjadi suplemen tenaga tambahan ketika dibutuhkan.

Jadi Honda memilih cara yang rumit untuk memanjakan para pengguna CR-Z. Bisa tetap merasakan sensasi performa mobil sport meskipun mesinnya hanya 1,5 liter, tapi tetap irit BBM layaknya mobil dengan mesin yang sama. Juga tentunya, ramah lingkungan.

Tapi sayang, harga yang ditawarkan masih tergolong mahal untuk kebanyakan pecinta mobil sport di Indonesia. Banderol Rp 535 juta tentu tidak sedikit. Padahal, CR-Z benar-benar jadi mobil sport harian yang sangat asik dikendarai sehari-hari.

Itu bicara mobil sport yang dari tampangnya saja sudah sport. Kalau mau lebih elegan, lebih kalem, lebih nyaman bahkan, tapi tetap merasakan sensasi mengemudi mobil sport? Tunggu sebentar lagi kehadiran Honda Civic 1.5 turbo!

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa