Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Impression Honda CR-Z, Ubahan Melebihi "Minor Change"

Bagja - Kamis, 10 Maret 2016 | 09:38 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Honda Prospect Motor (HPM) resmi sudah meluncurkan versi "minor change" pada CR-Z. Meski secara tampilan terkesan tidak ada yang berubah, namun Honda mengatakan, ubahan yang dilakukan bahkan melebihi istilah "Minor Change".

Artinya, banyak ubahan yang dilakukan insinyur Honda terhadap CR-Z agar membuatnya semakin menyenangkan untuk dikendarai. Garis bawahi ya, semakin menyenangkan dikendarai. Karena sedari awal memang itu tujuan Honda menawarkan CR-Z, sebagai sport car yang irit bahan bakar namun tetap menyenangkan untuk dikendarai harian.

"Sulit untuk menjawab berapa banyak ubahan yang dilakukan untuk CR-Z, saya sampai susah menghitungnya. Tapi begini, semua ubahan yang dilakukan bahkan lebih banyak dari yang kebanyakan disebut "Minor Change", lebih dari itu," ujar Kepala Perancang Honda CR-Z, Terukazu Torikai.

No caption
No credit
No caption
Kepala Perancang Honda CR-Z, Terukazu Torikai

Tampang luarnya sekilas masih sama saja. Hanya ada efek lebih lebar pada bodinya. Ini berkat ubahan baru pada wajahnya, mulai dari aliran udara yang dibuat terlihat lebih besar, sampai penyematan diffuser seperti sayap pada bumper untuk meningkatkan aerodinamika mobil.

Masuk ke dalam kokpit berkapasitas dua penumpangnya, ada Center console yang diapit oleh kedua jok depan. Tuas rem parkir dihilangkan, sebagai gantinya adalah electric parking brake (EPB). Juga fitur baru Smart Entry and Push Button Start/Stop system.

Posisi duduknya tak beda jauh dengan model sebelumnya, masih menawarkan posisi duduk rendah ala mobil sport. Jok juga cukup untuk mendekap punggung. Meski sebenarnya terasa sempit, namun nuansa kokpit yang dipenuhi dengan tombol-tombol membuat ruang yang sempit terlupakan berkat kesan kokpit futuristis yang disuguhkan.

No caption
No credit
No caption
Posisi duduk tetap nyaman, meski rendah dan tetap menawarkan karakter mobil sport

Melihat ke depan sangat jelas, meski moncong kap mesin tidak terlihat dari balik setir. Begitu juga ketika melirik ke samping, tidak diganggu pilar A. Lingkar setir berbahan kulit juga enak digenggam, sampai tuas transmisi yang lebih keren dengan aksen silver.

Sedang untuk hiburan kabin, terdapat audio layar sentuh 7 inci dengan fitur AV System with Mirroring yang dapat memainkan musik dalam bentuk format CD, DVD, MP3/WMA, USB, iPod / iPhone, Bluetooth,serta New HDMI Port& USB Ports (2 Ports).

Juga yang paling menawarkan kesenangan berkendara, ada tiga pilihan mode berkendara untuk CR-Z, mulai dari mode Normal, mode Sport dan mode ECON. Ketiganya menawarkan perbedaan karakter berkendara.

No caption
No credit
No caption
Kokpit Honda CR-Z

Sayang, belum bisa dipakai jalan nih. Padahal, meskipun mesinnya masih sama, yakni mesin 1.5 liter i-VTEC yang berpadu dengan motor listrik Integrated Motor Assist (IMA) bertenaga 130 dk dan torsinya 190 Nm, Honda tetap menjanjikan sensasi berkendara yang berbeda dari model sebelumnya.

Ubahan yang disebut "Sport Ride" dari insinyur Honda untuk CR-Z meliputi sektor kaki-kaki, dengan memanjangkan rear tread sampai 10 mm. Penyempurnaan juga dilakukan pada damper dan spring rate bagian depan dan belakang untuk menambah kenyamanan berkendara.

Rem depan dan belakang juga dibesarkan, termasuk ukuran disk jadi lebih besar 14-15 inci, termasuk memperbesar ukuran kaliper rem. Hasilnya, dikatakan Honda ada keseimbangan sempurna antara handling sporti dan kenyamanan berkendara.

Bagian belakang, terutama bumper juga dibuat lebih agresif dengan diffuser

Oiya, Honda CR-Z telah dilengkapi oleh ABS + EBD dan BA, Vehicle Stability Assist (VSA), Active Headrest, Dual Front SRS Airbags, Side Airbagsdan Side Curtain Airbags.

Tertarik? Rogoh kocek Rp 535 jutaan untuk membawanya ke garasi rumah. 

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa