Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

KTM MotoGP: Uji Coba di Kondisi Barvariasi

Kamis, 10 Maret 2016 | 21:09 WIB
No caption
No credit
No caption

VALENCIA - Pasukan KTM MotoGP terus melakukan serangkaian uji coba terhadap KTM RC16. Tiga hari uji coba di Valencia (7-9/3) lalu dihadapkan dengan kondisi cuaca barvariasi.

Dua joki tes KTM MotoGP, Mika Kalli dan Randy de Puniet, didaulat melakukan pengetesan di trek Valencia yang berkarakter trek sempit dan menuntut handling motor nan lincah dan gesit.

Mike Leitner selaku penanggung jawab KTM MotoGP mengakui cuaca yang tak diprediksi di sirkuit Valencia diperumpamakan sebagai dua sisi mata uang, ada positif sekaligus negatif.

"Luar biasa dan apresiasi buat tim dan juga test rider kami selama beberapa hari bekerja keras di kondisi cuaca yang tak menentu. Hari pertama hujan, kedua cerah dan hari terakhir berangin kencang."

"Pun begitu kami mengumpulkan data berharga dari Mika dan Randy untuk riset motor kami ke depannya," ujar Mike Leitner.

Dipilihnya Mika Kallio dan Randy de Puniet melakukan tes KTM RC16 di Valencia  lantaran keduanya sudah mafhum dengan lay-out sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

Belum lagi, tim KTM MotoGP ingin membandingkan uji coba Valencia musim lalu dengan perubahan dan aplikasi komponen baru. Plus juga perilaku KTM RC16 dipelajari saat memakai ban Michelin serta sistem ECU seragam yang merupakan regulasi anyar MotoGP musim ini.

"Baru merasakan setting motor terasa klop dengan ritme balapku terjadi di hari terakhir. Beberapa hal yang diuji adalah polah ban dengan dengan Michelin dan juga ECU seragam berfungsi maksimal. Meski memang belum 100% disesuaikan dengan kondisi balap sebenarnya," beber Mika Kallio.

Test rider KTM MotoGP, Randy de Puniet dan Mika Kallio, mengoleksi data pengembangan RC16 selanjutnya

Sementara Randy de Puniet diplot melakukan perbandingan KTM RC16 prototipe awal dengan prototipe yang dijejali komponen anyar. "Secara umum memang porsiku tak sebanyak Mika karena sempat diadang cuaca."

"Namun motor dengan beberapa komponen baru di sektor mesin, sasis dan suspensi berfungsi maksimal. Mungkin tes berikutnya bisa lebih sempurna lagi," ujar Randy de Puniet

Tim KTM MotoGP telah melakukan tes di Jerez dan Valencia dan rencananya di April mendatang kembali melakukan tes untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan di sesi tes sebelumnya dan meningkatkan performa KTM RC16 dengan komponen terbaru hasil tes di Valencia. (otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa