Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Yamaha XS650, Boober Kemosabe

Otomotifnet - Selasa, 22 Maret 2016 | 09:47 WIB

Bandung - Yamaha XS650 ini jalan hidupnya cukup memprihatinkan. Awalnya diboyong Angga sang empunya, dari Bali ke Jakarta dalam kondisi utuh, kemudian dimasukkan ke satu modifikator, tentunya untuk dimodifikasi. Namun setelah sekian lama ternyata hasilnya kurang memuaskan, alhasil jadi terbengkelai. Enggak mau mubazir,

Angga yang pengusaha kuliner ini mengontak Ram Ram Januar, pemilik workshop White Collar Bike (WCB) di Bandung, tentu untuk merombak lagi sesuai kemauannya. “Terus terang ini di luar schedule yang sudah ada di WCB, tapi berhubung sifatnya amal tidak ada profit, maka saya putuskan untuk menerima dengan syarat tidak ada batas waktu dan desain terserah saya,” terang Ram Ram.

Ram Ram hanya menanyakan style apa yang diinginkan Angga, ternyata dipilih bobber. Maka builder lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini pun merancang kembali dari nol sesuai dengan imajinasinya, sehingga semua yang sudah ada dilepas, cuma diambil mesinnya!

Langkah pertama bikin rangka dari pipa besi seamless, menganut double cradle yang memeluk mesin dipadu backbone besar, ujungnya pendek cuma menyisakan untuk jok tunggal. Di antara backbone terpasang tangki model split berbahan aluminium dan dibalut kulit. Sedang jok pakai bahan kayu sonokeling yang dibentuk tipis dan lebar. Keras sih, tapi keren! Geser ke depan, kaki-kaki pakai konsep girder fork, kesannya tentu saja jadul. Agar nyaman tetap dikasih sokbreker tunggal di bagian tengah, yang diambil dari sepeda downhill.

Sementara belakang menganutlengan ayun tubular custom, perpaduannya monosok aftermarket Harley-Davidson Softail model tarik, letaknya di bawah mesin. Penggunaan suspensi model ini membuat sisi belakang tampak lebih clean. Perpaduannya kedua roda menggunakan pelek custom termasuk jari-jarinya, sedang hub perpaduan Yamaha SR dan Kawasaki lawas. Berikutnya pakai ban berprofil gendut, sesuai tema bobber. Depan 4.00-18 dan belakang 5.00-16 keluaran Avon.

Detail pendukung dari motor yang dikasih nama Kemosabe atau sahabat ini sangat menarik, seperti knalpot dari pipa krom berkonfigurasi 2-2. Setang model Z, kotak aki berbungkus kulit dan handel custom yang kabelnya ditanam. Keren! Semoga Angga puas ya!. (motor.otomotifnet.com)

Data Modifikasi:
Ban : Avon 4.00-18 & 5.00-16
Pelek : Custom
Hub : Yamaha SR & Kawasaki
Fork : Custom
Swing arm : Custom
Sokbreker depan : Sepeda downhill
Sokbreker belakang : HD Softail
Lampu rem : Rotator alat berat
Setang : Custom
Tangki : Custom
Karburator : Yamaha RX-King
Jok : Custom

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa