Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Impression New Honda CR-Z

Otomotifnet - Kamis, 28 April 2016 | 07:40 WIB

Meski secara tampilan terkesan tidak perubahan, namun Honda mengatakan ubahan yang dilakukan melebihi istilah ‘minor change’

Jakarta - Artinya, banyak ubahan yang dilakukan insinyur Honda terhadap Honda New CR-Z agar membuatnya semakin menyenangkan untuk dikendarai. Garis bawahi ya, semakin menyenangkan dikendarai. Karena dari awal memang itu tujuan Honda menawarkan CR-Z, sebagai sport car yang irit bahan bakar, namun tetap menyenangkan untuk dikendarai harian.

“Sulit untuk menjawab berapa banyak ubahan yang dilakukan untuk CR-Z, saya sampai susah menghitungnya. Tapi begini, semua ubahan yang dilakukan bahkan lebih banyak dari yang kebanyakan disebut ‘Minor Change’, lebih dari itu,” ujar Kepala Perancang Honda CR-Z, Terukazu Torikai.

Tampang luarnya sekilas masih sama saja. Hanya ada efek lebih lebar pada bodinya. Ini berkat ubahan baru pada wajahnya, mulai dari lubang aliran udara yang dibuat terlihat lebihbesar, sampai penyematan diffuser seperti sayap pada bumper untuk meningkatkan aerodinamika.

Kini seluruh lampu juga sudah menggunakan bohlam LED. Berlimpah Fitur Baru Masuk ke dalam kokpit berkapasitas dua penumpangnya, ada center console yang diapit kedua jok depan. Tuas rem parkir dihilangkan, sebagai gantinya adalah Electric Parking Brake (EPB). Juga fitur baru Smart Entry and Push Button Start/Stop system.

Sedang untuk hiburan kabin, terdapat sistem audio layar sentuh 7 inci baru dengan fitur AV System with Mirroring, yang dapat memainkan musik dalam bentuk format CD, DVD, MP3/WMA, USB, iPod / iPhone, Bluetooth,serta New HDMI Port& USB Ports (2 Ports). Fitur terbarunya, monitor ini dapat menampilkan area belakang saat parkir, alias sudah ada rear view monitor. Bakal lebih memudahkan nih, sebab OTOMOTIF teringat saat dulu mengetes CR-Z, agak repot memantau belakang karena adanya pemisah antara kaca bagian atas dan bawah.

Sport Ride

Juga yang paling menawarkan kesenangan berkendara, ada tiga pilihan mode berkendara untuk Honda New CR-Z mulai dari mode Normal, Sport dan ECON. Ketiganya menawarkan perbedaan karakter. Sayang, belum bisa dipakai jalan nih. Padahal, meskipun mesinnya masih sama, yakni mesin 1.5 liter i-VTEC yang berpadu dengan motor listrik Integrated Motor Assist (IMA) bertenaga 130 dk dan torsinya 190 Nm, Honda tetap menjanjikan sensasi berkendara yang berbeda dari model sebelumnya.

Ubahan yang disebut “Sport Ride” dari insinyur Honda untuk CR-Z meliputi sektor kaki-kaki, dengan memanjangkan rear tread sampai 10 mm. Penyempurnaan juga dilakukan pada damper dan spring rate bagian depan dan belakang untuk menambah kenyamanan berkendara.

Rem depan dan belakang juga dibesarkan, termasuk ukuran cakram jadi lebih besar 14-15 inci, termasuk memperbesar ukuran kaliper rem. Hasilnya, dikatakan Honda ada keseimbangan sempurna antara handling sporti dan kenyamanan berkendara. Tertarik? Rogoh kocek Rp 535 jutaan untuk membawanya ke garasi. • (otomotifnet.com)

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa