Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suspensi New Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo

Otomotifnet - Sabtu, 19 Maret 2016 | 10:06 WIB

Laris manis sejak diluncurkan 2013 lalu, bahkan berkonstribusi hingga 80% dari keseluruhan penjualan Rush. Generasi terbaru Rush TRD Sportivo kini punya racikan suspensi baru

Jakarta - Makanya saat peluncuran New Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo (26/20 lalu, Hiroyuki Fukui, President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan penuh percaya diri yakin akan kenyamanannya. Memang apa rahasianya toh? Terbilang cepat untuk merancang suspensi, tim riset TAM hanya butuh waktu 6 bulan untuk mendapatkan angka yang diinginkan, soal seberapa keras dan nyaman suspensi baru ini ketika terpasang. Dirancang Hanya 6 Bulan “Prinsipnya kita ingin sesegera mungkin. Hasil ngobrol sama komunitas dan customer sebagai user. Kita dengarkan apa sih yang diinginkan. Akhirnya kita develop,” ungkap Dani Rendra Riawan, Department Head, Convertion and Accessories Development, Product Planning & Development TAM.

“Waktu itu kita menemukan di kenyamanan, sebenarnya ada level yang bisa ditingkatkan yaitu di area riding comfort. Caranya ada dua, yakni menurunkan spring rate atau membalance antara front dan rear,” terang Dani panjang lebar. Hasil diskusi, akhirnya dipilih cara pertama dengan menurunkan spring rate atau tingkat kekerasan per. Nah, kalau buat setingan per lebih empuk, biasanya kan bikin mobil terasa limbung. “Makanya kita menggunakan coil spring dengan dual rate atau yang biasa disebut per progressive untuk sisi belakang. Kalau sebelumnya hanya rata 60 Newton per mm, per baru ini punya spring rate dari 45 sampai 70 Newton per mm,” urai pria tinggi ini.

Terbukti ketika OTOMOTIF mencoba di sekitaran area parkir, New Rush TRD Sportivo Ultimo memang terasa lebih nyaman. Jadi ketika diisi 2 orang atau penuh hingga 7 penumpang, New Rush punya kemampuan maksimal memberikan kenyamanan. Murni Rancangan Indonesia Soal stability beda racikan lagi nih. Kali ini sokbreker yang dirancang ulang. “Caranya mem-balance compression and tension dari shock absorber,” ucap Dani lagi. Makanya walau bawa nama besar TRD, yang biasanya suspensi sport punya karakter keras. Ketika digabungkan, bisa didapat riding comfort dengan handling yang lebih baik.

Hebatnya lagi, ini kali pertama Indonesia diberikan kepercayaan untuk develop suspensi sesuai kebutuhan Tanah Air. Jadi beda misal pada Yaris TRD Sportivo, yang tinggal pesan suspensi ke TRD dan dipasang. Suspensi ini benar-benar dibuat sesuai kebutuhan masyarakat. “Requirement ini kita yang setting sesuai kebutuhan Tanah Air. Nanti TRD yang buat, karena know how-nya kan memang TRD jauh lebih pengalaman,” sambung pria ramah ini. Kepengin enggak punya suspensi baru buat Rush kesayangan? Tenang saja, hebatnya tim riset Toyota juga mendesain supaya seperangkat suspensi TRD Sportivo ini bisa masuk ke Rush generasi sebelumnya. Tinggal siapkan saja dana Rp 5.580.000 untuk mendapatkannya di dealer-dealer terdekat. • (otomotifnet.com)


Komponen                                        New Rush TRD Sportivo Ultimo          Rush (biasa)
Sokbreker depan (2 buah)                        Rp 1.200.000/buah                           Rp 980.000/buah
Sokbreker belakang (2 buah)                    Rp 650.000/buah                             Rp 365.000/buah
Per depan (2 buah)                                  Rp 380.000/buah                             Rp 380.000/buah
Per belakang (2 buah)                              Rp 560.000/buah                            Rp 350.000/buah
Total                                                       Rp 5.580.000/set                            Rp 4.150.000/set
Seat/Dudukan Karet Atas                         Rp 38.000/buah                              Rp 38.000/buah
Seat/Dudukan Karet Bawah                      Rp 24.000/buah                              Rp 24.000/buah

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa