Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Beli Vespa Sprint Bekas, Tahun 2015 Rp 28 Jutaan

Otomotifnet - Sabtu, 19 Maret 2016 | 21:51 WIB

Desain bodi lebih sporti dan modern, banyak diminati dari semua golongan

Jakarta - Pertama hadir di tahun 2014, Vespa Sprint cukup banyak menarik perhatian pencinta roda dua khususnya penggemar Vespa. Memiliki desain bodi yang terinspirasi dari Vespa 946, membuat tampilan motor Piaggio Vespa Sprint 2015 ini lebih terlihat modern dan futuristis, namun tak meninggalkan kesan klasik khas Vespa.

Vespa Sprint mulai banyak dijumpai unitnya di bursa motor bekas, contohnya seperti motor lansiran tahun 2015 yang kita bahas kali ini. Sebelum membeli dalam kondisi seken, sebaiknya perhatikan dulu beberapa point pengecekan.

“Jika motor usia satu tahun, pengecekan paling utama ada di sektor CVT. Biasanya komponen di bagian ini mulai minta jajan, seperti roller, v-belt dan lainnya,” ujar Iman, Service Advisor Piaggio Kramat Jati.

Selebihnya bisa cek komponen pengereman, kaki-kaki dan yang tak kalah penting yaitu sistem kelistrikan. Cek juga sistem injeksinya, pastikan tidak ada kedipan lampu engine check di panel instrumen. Jika jam terbangnya terbilang tinggi, perhatikan lebih detail bagian kaki-kaki.

“Kalau engine mounting sudah kena, baiknya segera ganti baru. Sebab akan mempengaruhi kenyamanan berkendara serta handling motor,” tambah pria ramah ini.

Harga Vespa Sprint tahun 2015 di pasaran motor bekas berkisar Rp 28 juta hingga Rp 29 jutaan. Kondisi motor dan penambahan aksesori atau modifikasi juga mempengaruhi harga jual.

Data Spesifikasi Piaggio Vespa Sprint 2015
Kapasitas mesin: 150 cc
Konfigurasi mesin: 1 silinder SOHC, injeksi, 3 valve
Transmisi: A/T CVT

Plus:
1. Desain bodi menarik
2. Minim getaran mesin
3. Akselerasi terbilang baik

Minus:
1. Engine mounting rawan kena
2. Spare part agak mahal

Menakar Biaya Servis
Agar motor kembali fit setelah dipinang, ada baiknya langsung lakukan servis ke dealer resmi. Cek semua bagian supaya dapat diketahui bila ada komponen yang bermasalah atau perlu diganti. Untuk servis berkala, dianjurkan melakukannya setiap 3.000 km.

Buat harga jasa servis berkala, dikenakan Rp 70 ribu, servis besar Rp 250 ribu, lalu jika butuh turun mesin atau overhaul dikenakan biaya sekitar Rp 350 ribu. Jika ingin servis CVT, biayanya hanya Rp 70 ribu saja.

Harga tersebut hanya jasa saja belum termasuk penggantian part. Jika engine mounting sudah kena, harganya berkisar Rp 96 ribuan per piece dikali dua. Untuk biasa jasa reparasinya sekitar Rp 115 ribu. •

Menakar Biaya Servis
Kampas rem depan : Rp 116.600
Kampas rem belakang : Rp 93.700
Busi : Rp 82.500
Oli mesin : Rp 72.500
Oli CVT : Rp 19.000 x3
Belt CVT : Rp 292.600
Roller : Rp 138.600
Filter udara : Rp 48.700
Filter oli : Rp 43.200
Aki : Rp 526.900
Sumber : Piaggio Kramat Jati. Meta Dwiguna Transcorp, Jl. Kramat Jati Raya (HEK) No. 20, Km. 20, Jakarta Timur. Telp. 021-80874596

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa