Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Daihatsu Produksi Mobil Setiap 69 Detik

toncil - Rabu, 16 Maret 2016 | 16:19 WIB

Jakarta - Guna memudahkan permintaan dalam negeri, para agen pemegang merek (APM) mendirikan pabrik di Indonesia. Daihatsu sendiri memiliki dua pabrik yakni Sunter Assembly Plant (SAP) dan juga Karawang Assembly Plant (KAP). Di SAP sendiri, setiap 69 detik tercetak 1 unit kendaraan bikinan Daihatsu. 

Lokasi SAP memiliki luas sebesar 12,7 hektar. “Untuk ukuran pabrik ini termasuk kecil. Tapi kita menerapkan konsep slim, simple & compact (SSC) jadi produksi bisa tetap maksimal,” ucap Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor. 

Desain dari line produksi dibuat sedemikian rupa sehingga bisa maksimal. Salah satunya, dalam pemasangan komponen mobil terdapat dua bagian, atas dan bawah. Kedua bagian ini memiliki pekerjaan masing-masing yang saling berbeda. 

Di lokasi SAP sendiri memiliki 2 line produksi. Pada line 2 menjadi yang terbaru dengan kemampuan lebih tinggi. Di line ini mampu menghasilkan 1 unit kendaraan dalam waktu 69 detik. “Kalau permintaan tinggi dan order banyak, kita pernah sanggup sampai 57 detik untuk 1 unit. Tapi rata-rata diangka tadi (69 detik-red),” tambah Dian Kurniawan, Department Assembly Dua, Sunter Assembly Plant. 

Sementara itu, untuk di line 1 membutuhkan waktu sekitar 100 detik untuk 1 unit kendaraan. Ini disebabkan karena speed dari komponen di line 1 dan 2 juga berbeda. (otomotifnet.com)

Editor : toncil

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa