Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Substitusi Kampas Rem Belakang Toyota Kijang Innova, Lebih Murah Dan Pakem

Otomotifnet - Sabtu, 19 Maret 2016 | 10:04 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Bagi para pemilik Toyota Kijang Innova yang ingin rem belakang lebih pakem tapi dengan biaya minim, ada cara mudah dan terbilang plug and play.

Sebab kampas rem teromol biasanya jarang diutak-atik. “Rata-rata pemilik meng-upgrade rem depan saja, hal ini memang karena porsi pengereman lebih banyak di roda depan,” ujar Felix Iskandar, pemilik Jaya Raya Motor di kawasan Duri Kepa, Jakbar. Tapi demi keamanan dan keselamatan, rem belakang juga perlu diperhatikan.

Kalau kurang yakin dengan kampas rem belakang aftermarket yang mereknya menjamur di pasaran, kampas rem orisinal Kijang Kapsul EFI bisa jadi pilihan.

Soal kualitas, tentu tidak perlu diragukan lagi. Harga juga cukup bersahabat, sekitar Rp 300 ribuan. Bandingkan dengan kampas rem belakang Kijang Innova yang mencapai Rp 500 ribuan.

Tidak perlu takut butuh melakukan modifikasi agar kampas rem teromol Kijang EFI dapat digunakan. Pemasangannya substitusi Kampas Rem Belakang Toyota Kijang Innova  dijamin mudah seperti mengganti kampas rem bawaan Kijang Innova.

“Namun kalau mau melakukan DIY (Do It Yourself) agak repot juga. Jadi lebih baik serahkan bengkel saja,” sebut pengguna Kijang Innova keluaran 2010 ini. Yuk simak liputannya berikut ini. • (otomotifnet.com)

Langkah pengerjaannya :


1. Brake shoe milik Kijang Kapsul EFI memiliki part number 04495-YZZZ2. Masih banyak toko-toko onderdil menjual kampas rem ini. Tapi ingat beli yang orisinal Toyota agar pengereman jadi mantap


2. Perlu membuka drum brake cover terlebih dahulu. Biasanya mekanik akan menggunakan alat bantu seperti baut panjang dan palu, jika cover tersebut sulit ditarik


3. Jika sudah terbuka sekalian minta mekanik untuk membersihkan dan mengecek kondisi silinder rem. Jangan ragu untuk diganti bila memang kondisinya sudah tidak baik. Demi keselamatan jangan ragu buang uang untuk hal yang penting seperti rem


4. Ini perbedaan antara kampas rem Kijang Innova (kiri) dan Kijang Kapsul EFI. Terlihat jelas milik Kijang Kapsul EFI lebih lebar.

Selisih 10 mm antara Kijang Innova dan Kijang Kapsul EFI. Otomatis bidang yang menggesek ke drum brake cover lebih banyak. Secara   teori, tentunya lebih pakem dari bawaan Kijang Innova


5. Sekalian minta dibersihkan juga cover drum brakenya. Biasnya banyak debu rem menempel di situ. Kalau bisa pakai brake cleaner agar debu tidak berhamburan

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa