Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Sistem Kualifikasi Baru yang Dihadapi Rio Haryanto

Sabtu, 19 Maret 2016 | 10:52 WIB

Melbourne – Rio Haryanto yang membuat sejarah sebagai pembalap F1 pertama asal Indonesia pekan ini di Melbourne, Australia, akan menghadapi tantangan baru, yaitu babak kualifikasi dengan sistem gugur lebih ketat.

Tahun lalu pembalap menjalani sistem knockout (KO) dengan mengeliminasi masing-masing 5 pembalap paling lambat pada Q1 dan Q2, sisa 10 pembalap menjalani Q3 berebut posisi start terdepan.

Musim ini lebih ketat, sudah disetujui beberapa hari menjelang balapan di Melbourne dan langsung diterapkan di putaran pertama musim ini.

Sebanyak 22 pembalap yang berkompetisi musim ini, pembalap yang melaju paling lambat langsung dieliminasi setiap 1,5 menit di tiga babak kualifikasi.

Q1 yang berlangsung 16 menit, setelah 7 menit akan tereliminasi 7 pembalap. Setiap 1,5 menit akan ada pembalap tersingkir.

Tersisa 15 pembalap melaju ke Q2. Pada Q2 dengan durasi 15 menit, prosesnya sama seperti Q1. Eliminasi dimulai setelah 6 menit, menyingkirkan 7 pembalap paling lambat.

Sisa 8 pembalap melaju ke Q3, durasinya 14 menit. Eliminasi dilakukan setelah 5 menit. Setiap 1,5 menit berikutnya, pembalap paling lambat dieliminasi sampai bendera finish dikibarkan.

Siapa yang akan menempati pole position (start dari depan), akan diperebutkan dua pembalap dalam sisa waktu 1,5 menit.

Dengan sistem kualifikasi baru, ini menjadi tantangan baru buat pembalap Indonesia Rio Haryanto yang memulai debutnya di balap F1 tahun ini.

Mengendarai mobil tim Manor MRT05 bermesin Mercedes, sejauh mana Rio Haryanto bisa bertahan? Babak kualifikasi berlangsung Sabtu (19/3) siang di sirkuit Albert Park, Australia. (otomotifnet.com)

Sistem Kualifikasi F1 2016:

Q1
Durasi 16 menit
Setelah 7 menit, pembalap paling lambat mulai tersingkir
Eliminasi setiap 1,5 menit
7 pembalap dieliminasi, sisa 15 pembalap lanjut ke Q2

Q2
Durasi 15 menit
Setelah 6 menit, pembalap paling lambat mulai tersingkir
Eliminasi setiap 1,5 menit
7 pembalap dieliminasi, 8 pembalap lenjut ke Q3

Q3
Durasi 14 menit
Setelah 5 menit, pembalap paling lambat mulai tersingkir
Eliminasi setiap 1,5 menit
2 pembalap tersisa bertarung di 1,5 menit terakhir menentukan pole position

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa