Jangan Melenceng Saat Berada di Mazda CX-5 GT

Minggu, 20 Maret 2016 | 14:26 WIB

Bandung – Ya, pindah jalur mendadak atau perlahan tanpa memberi sein lebih dulu saat menyetir Mazda CX-5 GT di jalan tol maka fitur canggih di Mazda CX-5 akan menyadarkan kita.

Ini menjadi salah satu fitur yang dicoba saat media test drive berlabel Mazda Drive a Life Jakarta – Bandung (18-19/3).

Lane Keep Assist System (LAS) akan menjaga mobil tetap berada di jalurnya. Ada tiga cara mobil ini mengingatkan pengemudinya.

“Ada tiga mode. Tergantung pilihan kita,” terang Ari Tristianto Wibowo, Sales Trainer PT Mazda Motor Indonesia yang memandu perjalanan.  

Nah, fitur ini dicoba di jalan tol Jakarta-Cikampek.

Jika pindah jalur mendadak, diingatkan dengan membuat setir akan ada suara gemuruh dari speaker, setir bergetar atau suara ‘beep’.

Sementara jika pindah jalur perlahan di kecepatan 60 km/jam dan garis-garis di jalan tol berada di kolong mobil yang diasumsikan kita mengantuk, mobil seakan bergetar seperti melindas strap di pinggir jalan tol.

Sementara, untuk kemacetan, SUV 2.500 cc ini (dan semua varian CX-5) dilengkapi i-stop yang membuat mesin mati. Persisnya saat pedal gas diinjak tegas atau mobil berhenti.

Mesin otomatis hidup dan mobil berjalan saat pedal rem dilepas. Di jalanan Bandung yang sempat macet di jam-jam sibuk fitur ini membantu mengurangi pemborosan bensin.

Editor :
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA