Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ahok: Pabrikan Mobil Boleh Nge-KIR ‘Zombie’

Harryt MR - Senin, 21 Maret 2016 | 09:10 WIB

Buntut dari permainan para oknum di balai uji KIR yang meluluskan kendaraan angkutan tak layak jalan membuat Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, geram melihat tingkah para anak buahnya.

Tak habis akal, Ahok berniat mengizinkan para Agen Pemegang Merek (APM) atau pabrikan mobil untuk memiliki fasilitas uji KIR.

Hal ini juga nantinya bisa digunakan sebagai standar kelaikan jalan mobil penumpang yang usianya akan dibatasi dengan ketentuan khusus.

"Percuma banyak permainan oknum KIR. Nah, kalau APM yang 'main' kan enggak mungkin. Masa mau mobil keluarannya memiliki standar kelaikan jalan yang buruk," ucap Ahok, saat wawancara eksklusif dengan OTOMOTIFNET di kediamannya (20/03).

Namun proses panjang untuk mewujudkan hal ini masih harus menunggu peremajaan angkutan umum di Jakarta.

"Iya jangan sekarang. Karena angkot kita 70 persen usianya diatas 10 tahun. Malu kita, kalau dilihat orang tuh 'zombie' masih jalan terus," ujar Ahok terkekeh.

Aturan pengujian KIR yang dapat dikelola oleh APM ini rencananya akan dilakukan pada 2019, bersamaan dengan pembatasan usia kendaraan di DKI Jakarta.

Editor : Harryt MR

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa