Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Paking Knalpot Z250SL, Ninja RR Mono dan KLX250 Pakai Punya RX King

Otomotifnet - Minggu, 27 Maret 2016 | 20:55 WIB

Denpasar - Nugroho, pemilik Kawasaki Z250SL dibiking bingung gara-gara knalpot racing yang dipasang pada motornya nembak-nembak saat tutup gas. Pria asal Malang ini awalnya mengira katup HSAS (High-performance Secondary Air System) untuk emisi bahan bakarnya berpengaruh, namun setelah disumbat tak ada bedanya.

Masih belum menyerah, janganjangan karena setingan bahan bakar terlalu kering. Suplai bahan bakar diatur ulang pakai ECU programable, hasilnya sama saja. Setelah benar-benar mengibarkan bendera putih, Hendro salah satu mekanik Pro Tuner di Jl. Sidakarya, Denpasar, Bali beri pencerahan.

“Coba cek kerapatan sambungan ujung knalpot dan lubang exhaust, jangan-jangan renggang,” beber pria berkulit gelap ini. Dan benar, ternyata setelah dibongkar ada kebocoran gasket standar bawaan motor. Materialnya memang tipis dan rawan rusak jika sering dibongkar pasang. Berarti sambungan enggak rapet dan flange knalpot miring!

Namun tenang, pria Jawa kelahiran Lampung ini punya trik jitu. “Ganti saja pakai paking knalpot punya Yamaha RX-King. Selain murah hanya sekitar Rp 12 ribuan, milik si jambret ini ternyata lebih tebal,” jelasnya. “Saat dikencangkan ketebalan paking ini juga akan menyesuaikan celah hingga rapat” yakin Hendro.

Menurut pria berperawakan tegap ini, cara yang Ia tawarkan tak hanya berlaku pada Z250SL, tapi motor lain yang punya basis mesin sama seperti Ninja RR Mono, KLX250S dan D-Tracker 250 juga bisa pasang karena konstruksi lubang buangnya sama. Cara gantinya pun mudah, silahkan lepaskan knalpot dari kepala silinder dengan kunci pas 12 dan T 12. Lalu pasang paking knalpot.

“Jika mengalami kesulitan pemasangan, bisa menggunakan lem untuk merekatkan paking knalpot ke kepala silinder, paking tidak jatuh saat hendak dikencangkan,” tutupnya. Mudah kan! • (otomotifnet.com)

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa