Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenapa Yamaha Indonesia Belum Produksi Big Bike? Ini Alasannya

Denta - Selasa, 22 Maret 2016 | 10:28 WIB

Jakarta - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ditunjuk sebagai basis produksi motor global model, seperti Yamaha NMAX, YZF-R3, MT-03 dan lainnya. Namun, kenapa belum memproduksi moge seperti Yamaha Thailand?

"Ada beberapa pertimbangan dan peraturan yang belum dapat kami penuhi, sehingga belum bisa memproduksi moge berkapasitas mesin besar. Ditambah pula dengan adanya pajak barang mewah yang angkanya terbilang besar di Indonesia sehingga semakin tambah sulit," papar M. Masykur, selaku Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Salah satu parameter yang sulit dipenuhi yaitu mengenai minimal jumlah penjualan domestik. "Agar dapat memproduksi motor untuk kebutuhan ekspor, kalau tidak salah minimal harus ada penjualan kurang lebih sekitar 5.000 unit per bulan di dalam negeri. Angka tersebut terbilang sangat sulit dicapai untuk pasar moge di Indonesia," tambahnya.

Pria ramah ini juga menambahkan jika sebenarnya kualitas SDM dan alat produksi sudah mumpuni untuk memproduksi moge Yamaha di Indonesia. Namun, kembali lagi terbentur soal regulasi. "Gak mungkin dong produksi motor hanya untuk kebutuhan ekspor dan tidak dijual di pasar domestik? Secara perhitungan biaya produksi akan sulit," tutupnya. (motor.otomotifnet.com)

Editor : Denta

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa