Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Esemka Siapkan Dua Pabrik

Arief Aszhari - Selasa, 22 Maret 2016 | 21:04 WIB

Jakarta- Setelah lama tidak terdengar kabarnya, perakitan mobil Esemka sepertinya tinggal tunggu waktu saja. Pasalnya, setelah diambil alih oleh PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) milik mantan ketua intelijen negara, AM Hendropriyono, kini pabrik mobil nasional ini tengah dalam proses persiapan.

Menurut kabar yang beredar, pabrik perakitan Esemka ini ada di Boyolali, Jateng dan Cileungsi, Jabar. Penasaran dengan hal tersebut, OTOMOTIFNET mencoba untuk menggali informasi tersebut melalui Hosea Sanjaya, Managing Director PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH).

Menurut Hosea, pabrik yang ada di Boyolali memang sudah ada dan sudah ada aktifitas di sana. Namun, untuk yang di Boyolali berbeda perusahaan pengelolanya dengan yang di Cileungsi.

"PT SMK (Solo Manufaktur Kreasi) yang mengelola lahan di Boyolali, PT SMK ini ada pemegang sahamnya yang menyuruh kita kerja atau membangun di Jonggol (Cileungsi) ini," papar Hosea saat berbincang dengan  OTOMOTIFNET, Senin (22/3).

Lalu, dengan adanya dua pabrik perakitan ini apakah nantinya akan ada mobil Esemka yang berbeda dari 2 pabrik perakitan ini?

"Yah, saya untuk beda urusan dalam rangka membangun produk mobil yang sama itu kan timbul sendiri karena di sana ada terotori pasar ada sinergi. Ada yang sama ada yang tidak, karena wilayahnya beda. Ada yang sama misalkan import mesin, RnD, pengembangan jadi satu," tambahnya.

Jika melihat hal tersebut, kemungkinan besar produksi mobil Esemka ini akan terpusat di Cileungsi. Karena, jika melihat luas pabrik, untuk di Cileungsi sendiri memiliki lahan seluas 40 hektar, dan sudah mendapatkan izin prinsip dan ditunjuk untuk pabrik industri.

"Di sini kita sudah memiliki fasilitas perakitan, sudah selesai dibangun. Tidak tergantung di Boyolali, karena proses di Boyolali masih ada proses yang harus diselesaikan," pungkasnya.

Sebagai informasi, untuk pabrik dan pusat sparepart Esemka ini akan terletak di River Green Industrial Complex di Bojong, Jonggol, Cibubur, Cileungsi, Jabar. Untuk nilai investasinya sendiri sekitar Rp 2,1 triliun. (otomotifnet.com)

Editor : Arief Aszhari

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa