Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenapa Thailand Tak Meributkan Taksi Online vs Tradisional?

Bagja - Rabu, 23 Maret 2016 | 09:51 WIB

Bangkok - Saat pameran Bangkok International Motor Show (BIMS) resmi dibuka kemarin (22/3), di Jakarta malah ricuh soal taksi online vs tradisional.

Masih sama soal demonstrasi, tapi kali ini lebih parah karena sampai menimbulkan anarkis. Lalu apakah kondisi tersebut terjadi juga di Thailand?

"Apa? Gak ada itu ribut-ribut soal taksi disini. Taksi online tak banyak disini, karena kami sudah disediakan transportasi dari pemerintah," ujar Komar Johari, yang sehari-hari menggunakan transportasi umum di kota Bangkok.

Dirinya yang asli Indonesia ini mengaku sudah tinggal lebih dari 28 tahun di Bangkok tak pernah mendengar ada keributan antara sesama pengemudi angkutan umum. Sebabnya, karena pemerintah Thailand menyuguhkan transportasi umum dalam berbagai lapisan.

Transportasi umum di Thailand, khususnya Bangkok terdiri dari beragam jenis. Ada taksi jadi transportasi umum yang paling mahal, juga ada MRT dan Sky Train.

Belum lagi bus yang melayani kota-kota satelit menuju Bangkok. Di dalam kota pun, ada angkutan umum kecil yang bahkan bisa masuk sampai jalan-jalan kecil. Bahkan, ojek pun di Bangkok terdaftar dan diatur pemerintah.

Taksi tarifnya 35 Bath (Rp 13 ribu) buka pintu, kemudian 2 Bath per 1.2 km.
MRT 14 Bath (Rp 5 ribuan). Sky Train 20 Bath (Rp 7 ribuan). Bahkan ada bus gratis yang disediakan Pemda Bangkok tersedia setiap jam!

"Itu kenapa kami malas pakai mobil pribadi. Mobil untuk weekend saja. Juga ngapain kami cari-cari taksi via online, disini mau kemana-mana mudah," tegas Komar.

Padahal kalau dilihat, tidak ada yang istimewa dari sistem transportasi di Thailand. Indonesia pun tak butuh banyak waktu untuk menciptakan hal yang sama. Hanya tinggal MRT dan Sky Train yang belum tersedia di Indonesia.

Sehingga wajar, ditengah kondisi lalu lintas yang macet, kondisi angkutan umum banyak yang tidak memadai, akhirnya terjadi migrasi dari angkutan umum tradisional menuju online. Itu tidak terjadi di Thailand karena semua kebutuhan mobilitas warganya terjamin.

Nah, sekarang tinggal bagaimana pemerintah Indonesia bisa mencontoh sistem transportasi Thailand dan beberapa negara tetangga lain. Tujuannya jelas, baik taksi online maupun tradisional, semuanya cuma punya satu tugas; melayani mobilitas warga sebaik mungkin. (otomotifnet.com)

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa