Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Riset Wealthy: Ganti Wiper Setiap Enam Bulan!

billy - Kamis, 24 Maret 2016 | 12:32 WIB

Jakarta - Umur wiper di mobil Anda jelas ada batasnya. Cuma bagaimana patokannya? Apakah melihat performa yang turun, banyaknya sapuan atau umur pakai saja? Menurut riset internal yang dilakukan Wealthy terhadap retailer dan konsumen di market, disarankan ganti wiper berpatokan pada umur pakai saja. “Maksimal pakai sekitar 6 bulan,” terang Arief Hidayat, founder Wealthy grup di Jakarta.

Pantauan OTOMOTINET, musim hujan bercampur panas-terik sangat mempengaruhi performa wiper. Karetnya bisa mengeras, kehilangan fleksibilitas dan kemampuan mengusir air dari kaca depan. Selain itu terdapat bunyi-bunyian saat wiper bergesekan dengan kaca. Serta banyak sisa air di kaca walau wiper diaktifkan.

Arief juga mempunyai data pemakaian wiper rata-rata selama 2 jam/hari saat musim hujan. Berdasarkan test pada unit mobil yang beredar unit di Indonesia, mempunyai wiper dengan mode normal bergerak rata-rata 37 kali/menit. Jadi misal dipakai selama 1 jam saja, artinya wiper sudah bergerak sebanyak 2.220 kali. Selebihnya wiper nganggur saat matahari terik.

Patokan pergantian wiper berdasar performa turun boleh saja. Namun pemilik banyak yang enggak sadar kalau wipernya sudah rusak hingga membuat kaca baret. Sementara interval 6 bulan dirasa paling aman. “Secara kualitas umur 6 bulan pasti sampai. Sekaligus perhitungan pengeluaran rutin 6 bulanan,” tambahnya. Di pasaran harga wiper berkisar Rp 50-200 ribuan.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa