Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Paling Membahagiakan di 2016, Ini Penyebabnya

Dimas Pradopo - Kamis, 24 Maret 2016 | 15:20 WIB

Jakarta - Gelar prestisius dalam Indeks Kebahagian Berkendara (IKB) 2016 kategori merek sepeda motor paling membahagiakan jatuh pada Yamaha. Ternyata, responden yang menggunakan Yamaha merasakan kebahagiaan yang lebih tinggi pada layanan aftersales juga desain motornya.

"Poin paling tinggi adalah aftersales Yamaha. Ekspektasi biaya yang konsumen keluarkan dengan layanan yang didapat ternyata memuaskan," beber Hendy Aditiya dari tim riset IKB Kompas-Gramedia. "Poin tertinggi yang membahagiakan berikutnya adalah desain yang dirasa sesuai dengan keinginan konsumen," jelasnya.

"Ya hasil ini membuat Yamaha sangat bahagia karena bisa membahagiakan konsumennya," buka M Abidin, GM Aftersales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

"Di era perubahan seperti ini konsumen semakin berkembang, Yamaha tidak bisa hanya menunggu, kini lebih agresif menyambut konsumen terlibat dalam aktifitas-aktifitas mereka termasuk pelayanan aftersales. Di sisi aftersales, Yamaha mampu membuktikan jadi yang terbaik dan menjadi faktor paling membahagiakan konsumen," bangga Abidin.

Selain pelayanan di bengkel saat melakukan perawatan, aplikasi Yamaha Parts Catalogue juga dipercaya mampu membuat konsumen bahagia. "Lewat aplikasi ini, konsumen bisa cek harga dan stok sebelum ke bengkel. Karena sudah antisipasi dengan menyiapkan budget yang sesuai dan tahu stoknya, mereka jadi tidak mudah kecewa," jelas M. Masykur, Asisten GM Marketing PT YIMM.

Pria ramah ini juga menjelaskan jika aplikasi ini juga mampu melindungi konsumen dari permainan harga. "Kalau harganya beda jauh dari yang tertera di aplikasi bisa komplain, kecuali di luar Jawa yang butuh ongkos kirim tinggi," terang Masykur saat ditemui di awarding IKB di Whiz Prime, Kelapa Gading kemarin sore (23/3).

Selain penghargaan sebagai merek pakai membahagiakan, Yamaha Indonesia juga membawa pulang penghargaan paling membahagiakan untuk Yamaha Vega Force, Yamaha Jupiter MX 135, Yamaha TMAX, Yamaha NMAX, Yamaha V-Ixion, Yamaha YZF-R25 dan Yamaha MT-25 sebagai yang tertinggi di kategorinya masing-masing.

Secara singkat, IKB merupakan formulasi dari kepuasan berkendara dan tingkat emosi saat berkendara. "Kondisi kendaraan, kondisi jalan yang dilalui, sampai perilaku pengendara lain semuanya mempengaruhi seberapa besar kebahagiaan seseorang dalam berkendara,” papar Billy Riestianto selaku Editor in Chief OTOMOTIFNET.COM.

Survei online IKB berlangsung pada 15 Januari hingga 29 Februari 2016 di OTOMOTIFNET.COM dan melibatkan 3.086 responden yang merupakan pengguna kendaraan motor dan mobil. Usia responden lebih dari 18 tahun, secara geografis berasal dari 30 provinsi di Indonesia dengan profil pria dan wanita SES A sampai dengan C. Sedang motor yang disurvei harus sudah berumur minimal 1 tahun.

Totalnya ada 109 pertanyaan tentang indeks kepuasan berkendara dan tingkat emosi saat berkendara yang harus diisi oleh setiap responden. Kedua parameter ini meliputi aspek kualitas fisik kendaraan, aspek kondisi fisik jalan dan aspek perilaku pengendara lain. Setiap pertanyaan dalam survei diarahkan untuk mencari tahu ekspektasi kebahagiaan menurut pengguna kendaraan, lalu dicocokan dengan sejauh mana perasaan bahagia pada kendaraannya berdasarkan ekspektasi tersebut.

Selamat buat Yamaha! (otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa