Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Thai Rung Transformers II, Toyota Hilux Disulap jadi Mobil Nasional Thailand

Bagja - Senin, 28 Maret 2016 | 08:24 WIB
No caption
No credit
No caption

Bangkok - Mobil ini jujur saja mencuri perhatian OTOMOTIFNET saat menelusuri venue Bangkok International Motor Shio (BIMS) 2016. Bagaimana tidak, tampangnya saja sudah mengingatkan kita pada mobil khas militer yang memang menjadi bagian dari pemerintah Thailand saat ini.

Sekilas tampang luarnya seperti Hummer. Lengkap dengan desain serba kotak, dan ban besar khas mobil penjelajah. Tapi namanya unik,. Thai Rung nama pabrikannya, sedang nama mobilnya Transformers II, artinya sudah pengembangan kedua dari jenis ini.

No caption
No credit
No caption
Thai Rung Transformers II sebagai mobil tempur

Sebenarnya mobil ini bisa terwujud berkat industri karesori Thailand. Sedangkan rangka dan mesin, Thai Rung membeli lisensi dari beberapa pabrikan besar, Isuzu, bahkan khusus untuk Transformers II ini sebuah rangka dan mesin Toyota Hilux.

No caption
No credit
No caption
Kabin Thai Rung Transformers II berisi dasbor Toyota Hilux

Ini pun diketahui OTOMOTIFNET ketika melongok kabinnya dan ternyata ada dasbor Hilux terbaru di dalamnya. Ketika kap mesinnya dibuka, juga terdapat mesin 2GD-FTV berkapasitas 2.4 liter. Ada dua tipe, 4x2 AT dan 4x4 MT.

Thai Rung Union Car Plc yang didirikan pada 1967 oleh Vichien Phaoenchoke merupakan perusahaan karesori. Awalnya perusahaan ini bernama Thai Rung Engineering Co. Ltd., yang melakukan desain dan konversi mobil pikap Isuzu. 

Thai Rung Transformers II

Perusahaan kemudian berganti nama menjadi Thai Rung Union Car Co. Ltd. pada 1973, dan kemudian melantai di bursa saham Thailand pada 1994 lalu.

Phaoenchoke mulai memikirkan kendaraan yang khusus untuk Thailand. Dia mengonversi mobil pikap truk Isuzu menjadi sebuah station wagon dengan merek TR pada 1979.

Sejak itu, Thai Rung mulai memproduksi MPV 7 penumpang. Total dari 1979 sampai saat ini, Thai Rung sudah memproduksi lebih dari 12 model yang berbeda.

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa