Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jakarta Tempo Dulu, Dua Bus Retro Mejeng di INAPA 2016

Bagja - Selasa, 29 Maret 2016 | 17:05 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Dulu sebelum Jakarta mengenal macet, naik bus kota keliling kota paling mengasikkan. Salah satu yang jadi primadona adalah bus 'kotak' PPD. Nah, yang kangen masa lalu, ada dua bus retro yang mejeng di INAPA 2016.

Pertama pasti si legend, PPD. Nama lengkapnya PPD OH408, menggunakan sassis dan mesin Mercedes-Benz OH-1518. Bus aluminium ini didatangkan secara khusus untuk melayani transportasi kota besar, termasuk Jakarta. 

Kala itu diimpor dari Volgren, Australia pada tahun 1990 untuk kemudian dirakit lokal oleh Volgren Indonesia. Gelombang pertama bus ini digunakan untuk KTT Non-Blok.

Sejak awal beroperasi, hingga kini jalur reguler 213 masih bertahan dengan okupansi penumpang cukup tinggi.

bus retro Lorena

Nah selain bus kota, ada satu lagi bus retro. Tau dong bus Lorena? Nah, bus pertama mereka, Lorena 001 menggunakan sassis dan mesin Mercedes-Benz OF-1113 buatan tahun 1973. Bus ini jadi saksi sejarah berdirinya perusahaan yang didirikan G.T. Surbakti.

Bus ini masih dipertahankan hingga kini, dan disimpan di garasi di Tajur, Bogor, Jawa Barat. Ini pertama kali muncul kembali untuk dipamerkan publik.

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa