Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pemerintah Berharap Ada Lokalisasi Komponen Baru

Arief Aszhari - Selasa, 29 Maret 2016 | 18:46 WIB

Jakarta- Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian berharap lewat pameran komponen terbesar di Asia Tenggara, INAPA 2016, bisa lebih mengembangkan industri komponen dalam negeri.

Terlebih, mulai tahun depan pabrikan mobil asal China, SGMW memulai produksi kendaraannya di Indonesia dan pasti membutuhkan banyak industri komponen.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, Kementerian Perindustrian RI, I Gusti Putu Suryawirawan menjelaskan ada dua kelompok besar komponen.

Yaitu komponen utama dari kendaraan bermotor dan juga komponen non-utama.

"Diharapkan dalam pameran ini ada komponen utama yang diproduksi di Indonesia. Jadi, diharapkan ada kerjasama sehingga produsen komponen luar negeri tidak hanya menjual tapi juga melakukan lokalisasi dari produk tersebut di sini," papar Gusti Putu di JIExpo, Kemayoran, Jakarta (29/3).

Lebih lanjut Putu menjelaskan, melalui pameran ini harus adanya identifikasi lebih lanjut terkait komponen yang memang bisa dilakukan proses lokalisasi di Tanah Air.

"Dengan banyaknya komponen yang diproduksi secara lokal, maka tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dari sebuah produk bisa lebih ditingkatkan," pungkasnya.

Editor : Arief Aszhari

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa