Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

ARRC Seri 1: Alasan Dipilihnya Sirkuit Johor Sebagai Seri Pembuka

DAB - Kamis, 31 Maret 2016 | 20:43 WIB

JOHOR - Seri Asia Road Racing Championship (ARRC) Malaysia untuk pertama kalinya digelar di sirkuit Johor. Hal ini dikarenakan sirkuit Sepang sedang dilakukan perbaikan aspal.Perbaikan aspal tersebut diprediksi selesai pada bulan Mei mendatang.

Bisa dibilang ini juga yang menjadikannya seri F1 Malaysia mundur pada sampai bulan oktober. Sirkuit Johor pun tak kalah unik, dengan panjang 3,86 km, sirkuit ini pernah menggelar balapan bergengsi seperti MotoGP pada tahun 1998. 

"Sirkuit Johor ini pernah mengadakan MotoGP pada tahun 1998, setahun setelah seri MotoGP Indonesia. Dengan layout yang menantang pun menjadi alasan kami memilih kembali mengadakan balap di sini (Johor)," kata Paulyne Cheng selaku Kepala Divisi Komunikasi Two Wheels Motor Racing (TWMR), promotor ARRC.

Yup, terakhir kali ada ajang balap di sirkuit Johor adalah tahun lalu ketika ada fun race balap mobil yang datang dari komunitas Singapura. 

Hal unik lainnya adalah seri ARRC yang digelar di Johor dimulai sejak Kamis hingga Sabtu, sesi latihan hingga raceday alias balapannya. Tidak seperti seri lain yang digelar sejak hari jumat sampai minggu. 

"Di bagian Johor ini akhir pekan jatuh pada hari Jumat dan Sabtu. Sebab hari jumat dipercaya sebagai hari suci umat Islam yang menjadi penganutnya jadi mayoritas di Johor. Masyrakat Johor pun memulai pekannya di hari Minggu, seperti sekolah dan pekerja kantorannya," imbuh Paulyne Cheng. 

Waah, jadi mirip sirkuit Assen, Belanda dong yang tidak menggelar balapan di hari Minggu karena bertepatan dengan jadwal gereja umat Nasrani. (otomotifnet.com)

Editor : DAB

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa