Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Sienta vs Honda Freed: Ini Komparasinya!

Bagja - Senin, 4 April 2016 | 15:09 WIB

Jakarta - Kehadiran Toyota Sienta tinggal menghitung hari. Sementara Honda Freed, ternyata masih eksis juga sampai saat ini--meski belum ada ubahan apapun. Keduanya sama-sama mini van pintu geser.

Kalau selama ini Honda Freed anteng sendirian, maka hadirnya Toyota Sienta bisa menjadi cambuk tersendiri bagi Honda Prospect Motor (HPM) untuk menyegarkan Honda Freed.

Dan karena kedua mini van ini akan beradu di pasaran, OTOMOTIFNET akan menyuguhkan ulasan komparasinya. Mulai dari desainnya, dimensi keduanya, sampai usungan mesin dan fiturnya.


Desain

Bicara soal desain, keduanya memang berjenis mini van yang biasanya punya desain dasar kotak. Saat awal kehadirannya dulu, tampilan Honda Freed sudah bisa dibilang lumayan berhasil mengubah kesan kotak pada desainnya.

Sementara Sienta yang hadir belakangan, lebih dinamis lagi dalam merekayasa desain kotak menjadi lebih atraktif. Meski kesan pertama yang didapat pada tampang mobil ini akan sedikit aneh karena mirip wajah ikan lele.

Desain kap mesin Sienta dibuat lebih panjang dibanding Honda Freed, sehingga kesan kotak pada mini van ini jadi tertutupi. Berbeda dengan Honda Freed yang masih terlihat kotak. Namun, soal desain jadi selera masing-masing.


Dimensi

Secara dimensi kedua mini van ini sebenarnya sebelas dua belas. Meski kalau menurut hitungan angka, jelas beda antara Toyota Sienta dengan Honda Freed. Sederhananya, Sienta lebih panjang dan rendah, sementara Freed lebih lebar dan tinggi.

Toyota Sienta punya dimensi panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.675 mm, sedang Honda Freed punya panjang 4.215 mm, lebar 1.700 mm, dan tinggi 1740 mm. 

Kedua dimensi tersebut bakal memberikan kesan keluasan ruang kabin yang berbeda. Ruang kepala Honda Freed bakal lebih nyaman karena lebih tinggi, juga jarak antar penumpang dalam satu baris lebih lebar. Meski Sienta unggul dalam kapasitas antar baris tempat duduk karena lebih panjang.

Dengan wheelbase lebih pendek yakni 2.740 mm untuk Honda Freed dan 2.750 mm untuk Sienta, membuat handling Honda Freed lebih licah diatas kertas. 

Juga Honda Freed lebih leluasa di permukaan jalan Indonesia karena ground clearance lebih tinggi. Bedanya cukup jauh, Honda Freed 170 mm sedang Sienta 133 mm.

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa