Test Ride Yamaha Vega Force, Torsi Besar Irit Bensin

Minggu, 17 April 2016 | 18:20 WIB

Torsinya besar konsumsi bensinnya juga irit. Sekali isi full tank bisa berlari sejauh 222 km!

Jakarta - Bebek yang satu ini wujud komitmen Yamaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang masih membutuhkan bebek entry level. Diciptakan sebagai komuter sekaligus pekerja, namun tetap dibekali desain penuh gaya. Mau buat kerja ayo, gaul juga bisa! Biar enggak penasaran, kali ini OTOMOTIF beberkan hasil lengkap pengetesan Yamaha Vega Force.(otomotifnet.com)

Fitur dan Teknologi
Dipasarkan dengan tiga pilihan, casting wheel (CW) dijual Rp 14,75 juta, spoke wheel (SW) Rp 13,85 juta dan drum brake (DB) Rp 13,25 juta, semuanya on the road Jakarta. Khusus yang OTOMOTIF pakai adalah tipe CW, enggak kelihatan seperti bebek low end kan!

Fiturnya ada kunci kontak berpengaman magnet, bagasi lebih lega 9,2 liter, spidometer pakai indikator gigi dan tangki yang kapasitasnya naik 0,1 liter jadi 4 liter. Sayang posisi kunci pembuka jok di sepatbor belakang, tepatnya di bawah lampu bikin kagok saat hendak membukanya.

Mesinnya, sedikit banyak mirip Jupiter Z1, pakai injeksi dengan throttle body 24 mm buatan Keihin. Intake manifold dan posisi injektor juga diubah persis Z1. Emisinya juga sudah lolos Euro3 berkat catalityc converter terbaru di knalpotnya. Pistonnya tetap pakai tipe forged yang diklaim tahan banting.

Test ride Yamaha Vega Force

Riding Position & Handling
Duduk di atas joknya, langsung terasa empuk. Tinggi alas pantat ini hanya 775 mm, sehingga rider dengan spek 168 cm bisa menapakan kaki dengan sempurna ke tanah.

Segitiga berkendara (jok, pijakan kaki dan tinggi setang) diseting santai. Setangnya agak menekuk ke dalam sehingga terasa sporti. Yang menarik, handlingnya tergolong ringan dan lincah. Meliuk di kemacetan bisa dilakukan dengan sangat mudah, maklum bobot isi hanya 96 kg.

Suspensinya empuk, speed trap enggak terlalu terasa sampai ke pinggang, pas buat yang mencari kenyamanan. Tapi untuk kencang masih bisa ditoleransi, stabil aja diajak menikung kencang. Performa ban Dunlop yang terpasang dengan ban dalam juga mampu mencengkram aspal dengan baik. Remnya oke, jauh dari kata keras.

Test ride Yamaha Vega Force

Performa dan Konsumsi Bensin
Mesin 114 cc dengan karakter over stroke (bore 50 mm x stroke 57,9 mm) ini memang memanjakan torsi. Gas sedikit saja langsung terasa ‘nyundul’, terutama di gigi 1 dan 2.

Editor : Otomotifnet

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA