Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Substitusi Kampas Kopling Suzuki Inazuma 250, Enggak Kalem Lagi

Otomotifnet - Minggu, 17 April 2016 | 18:19 WIB
Subtitusi Kampas Kopling Suzuki Inazuma 250  Enggak Kalem Lagi
Sigit/otomotifnet
Subtitusi Kampas Kopling Suzuki Inazuma 250 Enggak Kalem Lagi

Jakarta - Ketika macet-macetan atau kondisi mesin sudah panas, kopling Suzuki Inazuma 250 berubah jadi kalem. Tarikan loyo dan keluar bunyi kasar saat gear shifting.

“Koplingnya kurang mengentak,” curhat anggota Inazuma Owner Network (ION), Donny Wicaksono. Keluhan ini langsung dijawab Jainur Rohim, mekanik Ipang & Satria Restorasi.

“Ini akibat kampas kopling standar jarak dagingnya terlalu renggang, sehingga kurang menggigit. Akibatnya ganti gigi jadi lebih kasar dan motor terasa kurang responsif,” beber mekanik yang bengkelnya ada di Jl. Cilobak 4, Jaksel.

Solusinya, pria ramah yang biasa disapa Nur ini menyarankan pakai kampas kopling Suzuki Thunder 250. “Hasilnya lebih bagus dan lebih murah. Pasangnya juga lengkap dengan satu lembar pelat gesek Thunder 250 biar gerak olinya makin merata ke semua kampas,” sambung Donny berbagi pengalaman.

Pasangnya mudah saja, buka dulu cover bak kopling pakai kunci T-8 mm. Lalu buka juga baut per kopling dengan kunci T-10 mm. Setelah semua terlepas, lanjut ganti kampas koplingnya pakai Thunder 250. Totalnya ada lima lembar kampas kopling Thunder 250 yang harus disiapkan.

“Kampas banci bawaan Inazuma yang berada di baris ketiga juga harus diganti dengan kampas Thunder 250,” wanti Nur yang tak lupa mengingatkan untuk memasang pelat gesek berlubang milik Thunder 250.

Komposisinya, di antara kampas kopling kedua dan ketiga diletakan pelat gesek Thunder 250, pemasangannya didobel dengan pelat gesek standar. Simak foto-fotonya! • (otomotifnet.com)

DAFTAR HARGA
Plat gesek Suzuki Thunder 250 : Rp 48 ribu/pcs
Kampas Kopling Inazuma : Rp 1.172.500
Kampas Kopling Thunder 250 : Rp 425.000
Per Kopling : Rp 100.000
Per Kopling B&S Sapto Racing : Rp 125.000
Jasa pemasangan : Rp 50 ribu
Ipang & Satria Restorasi : 087782373003

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa